PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP FAKTORFAKTOR PEMILIHAN KARIER AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi di UPN “Veteran” Jawa Timur)

Anggara Yudha, Handhika (2010) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP FAKTORFAKTOR PEMILIHAN KARIER AKUNTAN PUBLIK DAN NON AKUNTAN PUBLIK. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi di UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (109Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (259Kb) | Preview

      Abstract

      Beberapa waktu belakangan ini, muncul beberapa kasus di dalam profesi akuntan, yang sebagian besar dilakukan oleh oknum-oknum tertentu dalam profesi akuntan. Melihat situasi dan kondisi tersebut, maka timbul adanya keraguan atas keandalan pada pendidikan tinggi akuntansi di dalam menghasilkan calon-calon tenaga akuntan yang profesional di Indonesia manajemen, akuntan pajak dan lainnya. Di antara bidang-bidang tersebut, bidang akuntan publik dianggap atau dipandang sebagai suatu bidang yang dapat menjanjikan prospek kerja yang cerah sebagai pilihan karier seseorang yang akan atau sedang menempuh studi atau pembelajaran pada jurusan akuntansi. Karier ini juga dianggap akan dapat memberikan kesempatan bagi individu atau pribadi untuk mengembangkan keterampilan serta memberikan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang bervariasi. Hal ini dikarenakan, mereka beranggapan akan dapat ditugaskan di berbagai bagian atau posisi pada berbagai jenis perusahaan yang memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu dibuatlah penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor pemilihan karier ditinjau dari faktor intrinsik profesi, penghasilan jangka panjang dan jangka pendek, pertimbangan pasar kerja dan faktor kepribadian, mempengaruhi mahasiswa akuntansi di UPN ”Veteran” Jawa Timur dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik dan non akuntan publik Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan survey secara langsung pada objek penelitian yaitu seluruh mahasiswa dan mahasiswi jurusan akuntansi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur yang berjumlah sebanyak 186 mahasiswa untuk angkatan 2006 dan sebanyak 165 mahasiswa untuk angkatan 2007. Survey ini bertujuan agar peneliti akan mampu lebih berinteraksi dengan objek secara interakti agar dapat lebih memudahkan dalam memahami realitas obyek penelitian. Kemudian dari data yang diperoleh selama survey beserta dokumentasi data mhasiswa, akan diperoleh suatu gambaran secara jelas yang akan memudahkan peneliti dalam menentukan persepsi mahasiswa akuntansi terhadap faktor –faktor pemilihan karier tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode penelitian anilisis regresi logistik. Hasil penelitian ini tidak terbukti bahwa persepsi mahasiswa akuntansi terhadap pemilihan karier dipengaruhi secara signifikan oleh faktor intrinsik profesi, faktor Penghasilan jangka panjang dan jangka pendek, faktor Pertimbangan pasar kerja, faktor Kepribadian. Hal ini dapat dilihat pada (Tabel 23) yang menunjukkan faktor intrinsik profesi, faktor Penghasilan jangka panjang dan jangka pendek, faktor Pertimbangan pasar kerja, faktor Kepribadian tidak mempengaruhi pemilihan karier mahasiswa akuntansi secara signifikan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 25 Feb 2011 13:53
      Last Modified: 25 Feb 2011 13:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/253

      Actions (login required)

      View Item