PENGARUH KONFLIK BONDHOLDERS – SHAREHOLDERS TERHADAP PENERAPAN KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTURYANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA

Muhammad Faridz, Ilham R (2010) PENGARUH KONFLIK BONDHOLDERS – SHAREHOLDERS TERHADAP PENERAPAN KONSERVATISME AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTURYANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (103Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (523Kb)

      Abstract

      Penelitian ini menguji apakah terdapat hubungan positif antara konflik bondholders – shareholders terhadap penerapan konservatisme akuntansi. Konflik bondholders – shareholders timbul karena kekhawatiran bondholders bahwa perusahaan tidak dapat untuk melunasi hutang yang jatuh tempo karena jumlah aktiva tidak mencukupi. Salah satu sumber tidak mencukupinya aktiva adalah karena adanya overpayment dividen kepada shareholders. Salah satu alternative dalam mencegah overpayment dividen adalah dengan menerapkan akuntansi konservatif.Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufacture yang menyajikan laporan keuangan serta membagikan deviden di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2004–2008 yang berjumlah 11 perusahaan. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu rasio keuangan yang terdiri dari Return on Assets (X1), Dividend Policy (X2), Leverage (X3), Size (X4) serta variabel terikatnya adalah Konservatisme Akuntansi (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Uji Kecocokan Model (F) dan Uji t untuk menguji hipotesis yang diajukan.Hasil Uji F menunjukkan bahwa model yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Rasio Return on Assets, Rasio Dividend Policy, Rasio Leverage dan Size terhadap penerapan konservatisme akuntansi adalah signifikan, sehingga hipotesis yang diajukan teruji kebenarannya. Berdasarkan hasil analisis Uji t dapat disimpulkan bahwa Rasio Return on Assets, Rasio Dividend Policy, Rasio Leverage tidak signifikan terhadap penerapan konservatisme akuntansi. Rasio Size berpengaruh signifikan negative terhadap return saham konservatisme akuntansi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 25 Feb 2011 13:52
      Last Modified: 25 Feb 2011 13:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/255

      Actions (login required)

      View Item