Analisis Pengaruh Return on investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Current Ratio, dan Debt to Total Asset (DTA) Terhadap Cash Dividend Pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia.

Kussuwantoro, - (2010) Analisis Pengaruh Return on investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Current Ratio, dan Debt to Total Asset (DTA) Terhadap Cash Dividend Pada Perusahaan Manufaktur yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Faculty of Economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (97Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (434Kb)

      Abstract

      Pasar modal merupakan pertemuan pihak yang memerlukan dana (borrower) dengan pihak yang bisa menyediakan dana atau yang mempunyai kelebihan dana (lender). Keputusan investasi jika diambil adalah go public dengan menjual sebagian saham perusahaan berarti perusahaan tersebut harus memiliki reputasi, performance atau prestasi yang baik sehingga saham yang diterbitkan laku terjual dan perusahaan bisa memperoleh dana yang tidak terikat dengan bunga daripada harus meminjam, konsekuensinya yaitu perusahaan harus membagi kepemilikan sahamnya kepada pihak ekstern, dalam hal ini masyarakat. Bagi seorang investor, ada dua kemungkinan yang diharapkan dari dana yang ditanamkannya dalam bentuk saham. Yang pertama adalah capital gain, yaitu selisih keuntungan harga jual yang terjadi akibat perbedaan harga saham pada saat membeli dengan saat menjual dan yang kedua adalah dividen, yaitu hasil pembagian dari laba perusahaan yang sahamnya dimiliki. Jumlah dividen yang diterima pemegang saham (stock holder) sangat bergantung pada keuntungan dan kebijakan dividen perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data laporan keuangan perusahaan manufaktur yang Go public di Bursa Efek Indonesia tahun 2005 sampai dengan tahun 2009 dengan cara mendownload dari situs resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis menggunakan linear berganda. Berdasarkan hasil uji F dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel Return on investment (ROI), Earning Per Share (EPS), Current Ratio, dan Debt to Total Asset (DTA) berpengaruh signifikan terhadap Cash Dividend pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan pada uji t secara parsial variabel Return on investment (ROI), dan Debt to Total Asset (DTA) berpengaruh signifikan terhadap Cash Dividend. Earning Per Share (EPS), dan Current Ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap Cash Dividend pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 25 Feb 2011 17:46
      Last Modified: 25 Feb 2011 17:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/262

      Actions (login required)

      View Item