PENGARUH KEBIJAKAN LEVERAGE, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Eny, Cahyaningsih (2010) PENGARUH KEBIJAKAN LEVERAGE, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, Faculty of Economic.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (450Kb)

      Abstract

      Meningkatnya persaingan usaha dan semakin rumitnya situasi yang dihadapi oleh perusahaan modern masa kini menuntut ruang lingkup dan peran seorang manajer keuangan yang semakin luas. Perusahaan melalui manajer keuangan harus mampu menjalankan fungsinya di dalam mengelola keuangan dengan benar dan seefisien mungkin. Ukuran yang digunakan untuk menilai keberhasilan seorang manajer keuangan dalam mengelola keuangan perusahaan adalah dengan melihat nilai perusahaan. Nilai perusahaan tercemin dari harga saham yang stabil dan dalam jangka panjang mengalami kenaikan. Semakin tinggi harga saham maka semakin tinggi pula nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Dalam hal ini faktorfaktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan adalah kebijakan leverage, kebijakan dividen, dan price earning ratio. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik dokumentasi. Untuk data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kebijakan leverage, kebijakan dividen, dan price earning ratio. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2005 – 2008. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan untuk menguji hipótesis digunakan teknik análisis regresi linier berganda. Hasil pengujian yang diperoleh bahwa kebijakan leverage secara signifikan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan telah terbukti kebenarannya dan kebijakan dividen secara signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan juga teruji kebenarannya, sedangkan price earning ratio tidak signifikan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tidak teruji kebenarannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 25 Feb 2011 17:46
      Last Modified: 25 Feb 2011 17:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/263

      Actions (login required)

      View Item