“PEMAKNAAN IKLAN EXTRA JOSS VERSI LAKI DI TELEVISI” (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Iklan Extra Joss Versi Laki di Media Televisi)

SIGIT , SUPRIYO (2011) “PEMAKNAAN IKLAN EXTRA JOSS VERSI LAKI DI TELEVISI” (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Iklan Extra Joss Versi Laki di Media Televisi). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (237Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1654Kb)

      Abstract

      ABSTRAK SIGIT SUPRIYO, PEMAKNAAN IKLAN EXTRA JOSS VERSI LAKI DI TELEVISI (Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Iklan Extra Joss Versi Laki di Televisi). Iklan adalah proses penyampaian pesan atau informasi kepada khalayak dengan menggunakan media. Iklan dianggap sebagai tehnik penyampaian pesan yang efektif dalam menjual dan menawarkan suatu produk. Oleh karenanya dalam suatu aktifitas perpindahan informasi tentang produk yang diiklankan pada khalayak tentunya harus mengandung daya tarik setelah diketahui khalayak sehingga mampu menggugah perasaan khalayak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah periklanan, iklan dalam semiologi John Fiske, pendekatan semiologi dalam iklan televisi, konsep tentang sebuah bayangan pada tokoh iklan. Dengan penggunaan data tersebut maka dapat dilakukan data analisis melalui tiga level yaitu : Level Realitas, Level Representasi, dan Level Ideologi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa dalam iklan Extra Joss versi laki menggunakan sistem perbandingan sebuah potongan gambaran kegiatan sehari-hari dimana setiap tokoh dalam iklan tersebut selalu bersuara perempuan. Akan tetapi pesan yang disampaikan terkaburkan, karena tidak adanya komunikasi non verbal dan mempunyai banyak makna jika iklan tersebut dianalisi oleh semiologi John Fiske. Kata Kunci : Iklan, Pemaknaan, laki – laki, Suara Perempuan, Teori John Fiske. ABSTRAC Advertising is process forwarding order or information to pucblic by use of media. Reputed advertising as technics as forwarding order which effective deep sells and offering a product. Therefore in an information transfer activity about product which is advertised on khalayak of course it shall contain afters affinity known by khalayak so can excite public's feel. Basis for theory which is utilized on this research is advertising, advertising in semiology John Fiske, semiology's approaching in television advertising, concept about one shadow on advertising figure. With that data purpose therefore gets to be done by analisis's data passes through three levels which is: Reality level, Representasi's level, and Ideology Level. Base observational result to be gotten that result is deep Extra Joss's advertising laki's version utilize compare system one activity picture abatamen everyday where each figure in that advertising always voices female. But then order which is passed on most obscures, for lack of communication non verbal and having a lot of meaning if that advertising dianalisi by semiologi John Fiske. Keywords : Advertising, Meaning, men’s, Women Voice, John Fiske Theory.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P99 Semiotics. Signs and symbols
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2012 11:45
      Last Modified: 01 Mar 2012 11:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2654

      Actions (login required)

      View Item