ANALISIS YURIDIS PENETAPAN HAKIM DALAM PERKARA PERMOHONAN DISPENSASI KAWIN DI PENGADILAN AGAMA SURABAYA (Studi Kasus Penetapan Nomor. 166 dan 167/Pdt.P/2010/PA. Sby)

Putri, Utami (2010) ANALISIS YURIDIS PENETAPAN HAKIM DALAM PERKARA PERMOHONAN DISPENSASI KAWIN DI PENGADILAN AGAMA SURABAYA (Studi Kasus Penetapan Nomor. 166 dan 167/Pdt.P/2010/PA. Sby). Undergraduate thesis, Faculty of Law.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (144Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (105Kb)

      Abstract

      Penelitian ini menjawab permasalahan mengenai faktor-faktor yang manjadi penyebab diajukannya Permohonan Dispensasi Kawin di Pengadilan Agama Surabaya. dan menganalisis pertimbangan dan penetapan hakim dalam perkara permohonan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data utama penelitian ini. Sedangkan data sekunder digunakan sebagai pendukung data primer. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan cara wawancara dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan cara teknis analisis kualitatif dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan pada dasarnya dispensasi perkawinan yaitu pernikahan yang di langsungkan di mana para calon mempelai atau salah satu calon mempelai belum mencapai batas umur minimal, yakni batas umur minimal sebagaimana yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974. Meskipun demikian, pihak pengadilan agama dapat memberikan ijin perkawinan di bawah umur dengan alasanalasan tertentu yakni adanya pertimbangan kemaslahatan yang maksudnya apabila tidak segera dilangsungkan pernikahan terhadap calon mempelai tersebut maka akan dikhawatirkan terjadi perbuatan-perbuatan yang melanggar norma agama dan peraturan yang berlaku. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah untuk pertimbangan ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu hukum pada khususnya, memberikan gambaran pada instansi yang bergerak di bidang perkawinan, memberikan jawaban terhadap permasalahan yang diteliti serta dapat dipergunakan sebagai bahan masukan terhadap para pihak yang mengalami dan terlibat langsung dengan judul ini.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: K Law > K Law (General)
      Divisions: Faculty of Law > Science of Law
      Depositing User: Fatchullah Z.A
      Date Deposited: 28 Feb 2011 08:07
      Last Modified: 28 Feb 2011 08:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/270

      Actions (login required)

      View Item