PERANAN HEDONIC SHOPPING VALUE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING DI MATAHARI DEPARTMENT STORE SURABAYA

MOH ARIEF , TIRTANA (2010) PERANAN HEDONIC SHOPPING VALUE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING DI MATAHARI DEPARTMENT STORE SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (47Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (307Kb)

      Abstract

      Dinamika perekonomian bisnis ritel di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Sehingga akan memicu perkembangan gaya hidup dan pola berbelanja dimasyarakat (konsumen) yang memiliki ekspektasi yang lebih tinggi, meminta lebih banyak, menginginkan kualitas yang lebih tinggi dan konsisten, lebih banyak pilihan, toko yang lebih nyaman dan pelayanan yang bernilai, namun dengan membayar lebih murah, waktu lebih cepat, dengan usaha dan resiko lebih rendah. PT Matahari Department Store adalah department store yang pertama, terbesar, dan paling berkembang di Indonesia dan di kenal sebagai peritel handal untuk kategori pakaian dan mode, serta menawarkan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya. PT Matahari Department Store (MDS) secara berkelanjutan mengembangkan konsep gerai Matahari New Generation (NG) untuk meningkatkan kualitas gerai dengan layanan pelanggan yang lebih baik, efisiensi operasional dan konsep modern serta suasana belanja terbaru bagi para konsumen. Permasalahan yang dihadapi, Matahari Department Store mampu memperlihatkan perkembangan penjualan yang fluktuatif. Tetapi, tidak mampu mencapai target yang di rencanakan dari pengoperasian bisnis Department Store. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh hedonic shopping value dan fashion involvement terhadap perilaku impulse buying pada Matahari Department Store di Surabaya. Penelitian ini menggunakan data primer, dan sampel yang digunakan adalah konsumen yang pernah berbelanja minimal 1 (satu) kali, konsumen yang telah di anggap dewasa dengan usia 18 tahun keatas yang dinilai sebagai pembeli produktif (potensial). Teknik analisis yang digunakan adalah SEM, yang akan mempermudah untuk melihat peranan hedonic shopping value dan fashion involvement terhadap perilaku impulse buying yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Value dan Fashion Involvement tidak berpengaruh terhadap perilaku Impulse Buying pada Matahari Department Store di Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 26 Feb 2011 10:28
      Last Modified: 26 Feb 2011 10:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/271

      Actions (login required)

      View Item