METODA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR ( Pcnckanan Pada Proses)

Niniek , Anggriani (2007) METODA PEMBELAJARAN MANDIRI PADA STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR ( Pcnckanan Pada Proses). In: Proseding Loi:?oi:?urya Kurii:?ulum (Karya-Ku). FTSP UPN "Veteran" Jawa Timur. ISBN 978-979-25-8083-9

[img]
Preview
PDF
Download (3550Kb) | Preview

    Abstract

    Pelajaran mengenai perancangan arsitektur mempakan pelajaran inti (core) pada progralll S-I jurusan Tc:knik J\rsitc:ktur yang dilaksanakan rnclalui kcgiatan studio. Umumnya metoda. yang digunakan selama ini adalah asistensi . Metoda ini membawa kecendemngan mahasiswa menjaadi pasif. Mahasiswa tergantung pad a asisten sehingga sering tidak berani berinisiatif, dan tidak kreatif. Padahal masa depan menuntut kemampuan belajar sepanjang hayat secara mandiri. Masih terlaksananya asisten studio yang memperlakukan mahasiswa sebagai objek pendidikan, menilai karya para mahasiswa dengan penilaian "betul" dan "salah", yang dilakukan hanya pad a hasil akhir dari tugas perancangan . Pengajar sebagai satu-satunya sumber informasi dan kebenaran, sehingga mahasiswa tidak mandiri dan kurang aktif dalam r.1emecahkan permasalahan yang diberikan. Semen tara era mendunia ini dituntut agar mahasiswa untuk aktif dan penuh ini siatif, tanggap dan rasional. Untuk ini diperlw-an satu Metoda Pembelajaran Temu Sendiri dengan pumpunan pada Proses dan Hasil (Outcome). Atau metoda yang memposisikan mahasiswa sebagai subjek, sehingga diharapkan mendorong mahasiswa menjadi aktif dan berinisiatif.

    Item Type: Book Section
    Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
    Divisions: Conference/Seminar
    Depositing User: Users 8 not found.
    Date Deposited: 09 Mar 2012 10:15
    Last Modified: 07 Apr 2014 21:29
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2762

    Actions (login required)

    View Item