ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO, TINGKAT SUKU BUNGA INTERNASIONAL (SIBOR), KURS VALUTA ASING DAN PENDUDUK USIA PRODUKTIF TERHADAP PMA DI INDONESIA

Aprian , Anhar (2010) ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO, TINGKAT SUKU BUNGA INTERNASIONAL (SIBOR), KURS VALUTA ASING DAN PENDUDUK USIA PRODUKTIF TERHADAP PMA DI INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (152Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (311Kb)

      Abstract

      Dalam upaya untuk menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia, berbagai kebijakan harus dilakukan oleh pemerintah, dengan jalan memperhatikan keadaan tingkat suku bunga dan pemerintah juga harus menyederhanakan prosedur penanaman modal sehingga akan menciptakan iklim penanaman modal yang lebih baik khususnya di Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti ingin menganalisis tentang hubungan berbagai variable ekonomi, yaitu PDB (X1), tingkat suku bunga internasional (SIBOR) (X2), kurs valuta asing (X3) dan penduduk usia produktif (X4)dalam mempengaruhi Penanaman Modal Asing (PMA) di Indonesia (Y).Penelitian ini mengunakan data sekunder dan data menurut urutan waktu yang diperoleh dari Balai Pusat Statistik tahun 1994-2008. Untuk memenuhi tujuan penelitian digunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda, yang juga disertai dengan uji asumsi klasik. Dari uji Regresi Linier Berganda dapat disimpulkan bahwa : (1) secara parsial dari empat variable yang digunakan hanya variable Kurs Valuta Asing (X3) yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia. (2) Secara simultan model yang dibentuk dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap Penanaman Modal Asing di Indonesia dengan nilai Fhitung sebesar 8,824 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,48. (3) Dilihat dari pengujian keempat variable bebas tersebut variable yang paling dominan atau pengaruhnya yang paling besar adalah variable Kurs Valuta Asing dengan kontribusi nilai r2 parsial sebesar 0,369 atau 36,9 %.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 26 Feb 2011 11:02
      Last Modified: 26 Feb 2011 11:03
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/277

      Actions (login required)

      View Item