PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ASTRA SURABAYA

Budi, Prabowo (2008) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ASTRA SURABAYA. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 8 (2). pp. 92-97. ISSN 1411-9099

[img]
Preview
PDF
Download (42Kb) | Preview

    Abstract

    Pada era global ini setiap perusahaan berusaha keras untuk terus meningkatkan kepuasan bagi pelanggannya, agar dapat memenangkan persaingan dan memberikan pelayanan kepada pelanggannya, terhadap produknya yang lebih bermutu, terutama produk jasa. Upaya perbaikan dan penyempurnaan kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan berbagai strategi, salah satu strategi yang dapat dipandukan untuk meraih dan meningkatkan kepuasan konsumen adalah relationship marketing. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer diperoleh dengan meberikan kuesioner pada pengguna jasa Astra dan telah berlangganan minimal selama satu tahun, berusia lebih dari 17 tahun dan berdomisili di wilayah Surabaya. Teknik analisis data menggunakan path diagram untuk melihat hubungan kausalitas. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan pada PT Astra Internasional. Untuk kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan pada PT Astra Internasional.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior
    Divisions: UPN Jatim Journal > Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 13 Mar 2012 09:44
    Last Modified: 13 Mar 2012 09:44
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2797

    Actions (login required)

    View Item