ANALISIS EFISIENSI DISTRIBUSI PEMASARAN PRODUK DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Suseno Budi , Prasetyo (2008) ANALISIS EFISIENSI DISTRIBUSI PEMASARAN PRODUK DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknik, 8 (2). pp. 120-128. ISSN 1411-9102

[img]
Preview
PDF
Download (70Kb) | Preview

    Abstract

    Distribusi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rantai pasok suatu produk. Peran distribusi sangat menentukan bagi tersampaikannya sebuah produk sampai ke tangan konsumen. Dibutuhkan suatu proses yang efisien, yang menjamin produk sampai ke tangan konsumen secara luas dengan biaya yang minimal. Bila perusahaan memiliki sistem saluran distribusi yang efisien, maka perusahaan itu akan dapat menguasai pasar. Penelitian ini menggunakan metode DEA, merupakan metode pembanding yang mampu menganalisa tingkat efisiensitas dari beberapa daerah distribusi pemasaranl, dengan menggunakan masing-masing input output yang dimiliki. Berdasarkan hal tersebut maka akan dapat diketahui daerah distribusi mana yang seharusnya bisa lebih ditingkatkan efisiensi pemasarannya, dan cara apa yang harus ditempuh. Penelitian dilakukan di 5 Kota Distribusi Pemasaran di Wilayah Jawa yaitu Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Hasil penelitian didapatkan bahwa distribusi pemasaran di kota Semarang inefisien dengan nilai efisiensi relatifnya 0,9036573. strategi perbaikan efisiensi distribusi pemasaran adalah melakukan perbaikan: Mengurangi Jumlah Distributor 6,67% (15 distributor menjadi 14 distributor); Mengurangi Biaya Distribusi 5,41% (Rp. 600.000,- menjadi Rp. 567.562,-); mengurangi Biaya Promosi 5,41% (Rp. 600.000,- menjadi Rp. 567.562,-); Menambah Penjualan Dari Distributor 7,97% ( 6.300 menjadi 6.802); Menambah Penjualan Dari Pelanggan 36,89% ( 900 menjadi 1.232); Menambah Laba Dari Distributor 3,19% ( Rp. 36.855.000,- menjadi Rp. 38.030.000,-); dan menambah Laba Dari Pelanggan 57,68% (Rp. 6.075.000,- menjadi Rp. 9.579.000).

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5410 Marketing. Distribution of products
    Divisions: UPN Jatim Journal > Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Teknik
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 14 Mar 2012 11:01
    Last Modified: 14 Mar 2012 11:01
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2801

    Actions (login required)

    View Item