ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI HAND AND BODY LOTION CITRA DI SURABAYA SELATAN

Dian , Ayu Yuliastuti (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI HAND AND BODY LOTION CITRA DI SURABAYA SELATAN. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (86Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (318Kb)

      Abstract

      Persaiangan bisnis saat ini menuntut perusahaan untuk bersaing, salah satunya adalah dengan persaingan antar merek. Untuk tujuan tersebut maka manajer pemasaran membutuhkan pengetahuan mengenai perilaku kosnumen agar dapat mengetahui keinginan konsumen. Dengan mengetahui keinginan konsumen maka manajer pemasaran akan dapat meningkatkan minat beli konsumen, minat beli konsumen didorong oleh kebutuhan yang ada dalam diri seseorang dan keinginan seseorang terpengaruh jika konsumen menunjukkan rasa senang dan kecewa jika kebutuhan diri seseorang tidak terpenuhi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor dari perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen hand and body lotion citra di Surabaya Selatan. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah kesesuaian faktor Kebudayaan (X1), Faktor Sosial (X2), Faktor Pribadi (X3), Faktor Psikologi (X4) dan Minat Beli (Y).Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen yang akan menggunakan dan telah menggunakan hand and body lotion Citra. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling, sampel yang dipilih berdasarkan atas ciri-ciri atau karakteristik yang sudah ditetapkan untuk mencapai tujuan atau maksud tertentu, dengan jumlah sampel sebanyak 108 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden secara langsung yaitu menyebarkan kuesioner pada para responden. Metode pengambilan data melalui metode observasi dan metode kuesioner. Cara pengukuran variabel dengan menggunakan skala Likert, variabel yang akan diukur dijabarkan indikator variabelnya kemudian indikator tersebut dijadikan titik tolak untuk menyusun instrumen yang dapat berupa pertanyaan atau pernyataan. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penelitian yang menganalisis beberapa faktor-faktor perilaku konsumen terhadap minat beli Hand and Body Lotion Citra di Surabaya Selatan diperoleh hasil bahwa Faktor Budaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli , Faktor Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli , Faktor Pribadi berpengaruh positif terhadap Minat Beli , Faktor Psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 26 Feb 2011 11:45
      Last Modified: 26 Feb 2011 11:46
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/282

      Actions (login required)

      View Item