ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA RSU HAJI SURABAYA

ARIEF WIBOWO, CONDRO (2011) ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA RSU HAJI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Politics.

[img]
Preview
PDF (Cover - bab I)
Download (2842Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (3029Kb)

      Abstract

      Kepuasan pasien merupakan salah satu hal yang krusial bagi sebuah rumah Sakit. Kesalahan untuk menentukan besarnya kepuasan yang akan diberikan kepada pasien akan meningkatkan potensi terjadinya pelayanan yang kurang. Hal ini akan merugikan rumah sakit. Karena itu dalam meningkatkan kualitas layanan, maka manajemen perlu untuk mengikuti prosedur maupun aturan yang telah ditentukan. Secara umum, analisis kepuasan terhadap pasien dapat dilakukan dengan menggunakan 5 dimensi kualitas (Tjiptono,2004:70) yaitu meliputi reability, responssiveness, assurance, empathy, tangibles. Pada Rumah Sakit Umum Haji Surabaya, kelima aspek tersebut digunakan dalam menentukan besarnya nilai kepuasan yang diberikan. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung terhadap kepuasan yang diberikan pihak Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pasien yang dirawat atau pihak keluarga atau pasien yang dirawat dalam kurun waktu periode bulan Juni sampai dengan Juli 2011 yaitu berjumlah 100 pasien. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode penarikan sampel yang digunakan oleh sampel jenuh, dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel bebas yaitu kehandalan realibility (X1), daya tanggap responssiveness (X2), jaminan assurance (X3), empati empathy (X4), dan bukti langsung tangibles (X5) berpengaruh nyata secara simultan terhadap variabel terikat, terhadap kepuasan (Y). Adapun dari kelima variabel bebas, kesemua variabel yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior > HF5415.335 Consumer Satisfaction
      Divisions: Faculty of Law > Science of Law
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 12 Mar 2012 13:05
      Last Modified: 12 Mar 2012 13:05
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2826

      Actions (login required)

      View Item