ANALISIS PENGARUH CASH POSITION,DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP DIVIDEND PADA PERUSAHAAN MANUFACTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Riska , Yunitasari (2010) ANALISIS PENGARUH CASH POSITION,DEBT TO EQUITY RATIO, DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP DIVIDEND PADA PERUSAHAAN MANUFACTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (108Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (304Kb)

      Abstract

      Kebijakan pembayaran dividen mempunyai pengaruh bagi pemegang saham dan perusahaan yang membayar dividen. Para pemegang saham umumnya menginginkan pembagian dividen yang relatif stabil karena hal tersebut akan mengurangi ketidakpastian akan hasil yang diharapkan dari investasi yang mereka lakukan dan juga dapat meningkatkan kepercayaan pemegang saham terhadap perusahaan sehingga nilai saham juga dapat meningkat. Bagi perusahaan,pilihan untuk membagikan laba dalam bentuk deviden akan mengurangi sumber dana internal nya,sebaliknya jika perusahaan menahan labanya dalam bentuk laba ditahan maka kemampuan pembentukan dana internalnya akan semakin besar yang dapat digunakan untuk membiayai aktivitas perusahaan sehingga mengurangi ketergantungan perusahaan terhadap dana eksternal dan sekaligus akan memperkecil resiko perusahaan. Berdasarkan uraian diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cash position, debt to equity ratio, return on assets terhadap dividend pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 149 perusahaan mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 perusahaan manufaktur. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonrandom sampling yaitu pengambilan sampel secara tidak acak, dimana setiap elemen populasi tidak mempunyai kemungkinan yang sama untuk dijadikan sampel. Untuk menguji hpotesis yang diajukan adalah teknik analisis uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian di atas, variable cash position secara parsial tidak berpengaruh terhadap dividen payout Ratio, variable debt to equity ratio secara parsial tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio, variable return on assets secara parsial berpengaruh terhadap dividen payout ratio.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 26 Feb 2011 11:53
      Last Modified: 26 Feb 2011 11:54
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/283

      Actions (login required)

      View Item