KUALITAS PELAYANAN KTP DI KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA

FAZAR, ARDIANSYAH (2011) KUALITAS PELAYANAN KTP DI KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Politics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (249Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (996Kb)

      Abstract

      Fenomena yang terjadi pada saat ini berkaitan dengan pengurusan KTP (Kartu Tanda Penduduk) di Kantor Kecamatan Sukolilo adalah prosedur pengurusan KTP yang terkesan rumit dan bertele-tele, serta biasanya memakan waktu yang lama dan biaya yang tinggi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan masyarakat malas jika akan melakukan pengurusan KTP. Ditambah dengan kecenderungan kenaikan jumlah komplain masyarakat terhadap pelayanan di Kantor Kecamatan Sukolilo berkaitan pengurusan KTP. Hal ini menunjukkan masih kurang bagusnya pelayanan yang diberikan di Kantor Kecamatan Sukolilo kepada masyarakat berkaitan dengan pengurusan KTP di Kantor Kecamatan Sukolilo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang komprehensif dan mendalam tentang upaya yang dilakukan oleh Kantor Kecamatan Sukolilo dalam memberikan kualitas pelayanan publik dalam hal pengurusan KTP kepada masyarakat. Fokus dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan KTP di Kecamatan Sukolilo menganut sistem dari Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, yang meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, dan komponen petugas pemberian pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil wawancara berkaitan dengan kualitas pelayanan KTP di Kecamatan Sukolilo berdasarkan dari prosedur pelayanan bahwa prosedur pelayanan sudah baik yaitu prosedurnya tidak berbelitbelit dan mudah dipahami oleh masyarakat asalkan persyaratannya telah terpenuhi. Berdasarkan waktu penyelesaian bahwa waktu penyelesaian pembuatan KTP cukup cepat yaitu antara 1 � 3 hari. Berdasarkan biaya pelayanan bahwa biaya pelayanan pengurusan KTP di Kecamatan Sukolilo adalah gratis. Berdasarkan produk pelayanan bahwa petugas cukup ramah dan sopan serta bahasa yang diucapkan lembut, sehingga saya juga mudah untuk menyampaikan maksud dan tujuan kita. Berdasarkan sarana dan prasarana bahwa sarana dan prasarana dalam pengurusan KTP di Kecamatan Sukolilo Surabaya yang sekarang ini sudah lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan komponen petugas pemberian pelayanan bahwa kompetensi petugas pemberi pelayanan adalah sudah baik. Terakhir berdasarkan saran dan kritik bahwa bahwa saran dan kritik dari masyarakat sudah dilaksanakan oleh pihak Kecamatan Sukolilo Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 12 Mar 2012 10:16
      Last Modified: 12 Mar 2012 10:16
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2836

      Actions (login required)

      View Item