KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKTA PERKAWINAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA SURABAYA

MUHAMMAD , YAHYA IRNAD (2011) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKTA PERKAWINAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (287Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (2501Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI M. YAHYA IRNAD, Kualitas Pelayanan Akta Perkawinan Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya, Skripsi, 2011 Kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya yang memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat. Tingginya penduduk tidak diimbangi tingginya pelyanan, ini terbuktti adanya pengaduan terhadap Kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya dalam pembuatan akta perkawinan. Pada penelitian kali ini, peneliti ingin mengetahui kualitas pelayanan administrasi akta perkawinan di Kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif.. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kualitatif deskriptif. Pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan secara snowball. Fokus dalam penelitian ini adalah: kesederhanaan, kejelasan, kepastian hukum, akurasi, keamanan, tanggung jawab, kelengakapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan dan keramahan serta kenyamanan. Hasil yang diperoleh peneliti dalam penelitia ini adalah bahwa kualitas pelayanan akta perkawinan yang dilakukan oleh Kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya sudah baik tetapi perlu diperhatikan masalah seperti ruang tunggu yang perlu diperhatikan kenyamanannya. Yang terdiri dari dimensi-dimensi kualitas:Kesederhanaan, meliputi: kemudahan memahami prosedur pelayanan akta perkawinan, kemudahan melaksanakan prosedur pelayanan akta perkawinan, dan kelancaran melaksanakan prosedur pelayanan akta perkawinan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya. Kejelasan , meliputi: kejelasan syarat-syarat dalam mengurus akta perkawinan, stuktur organisasi/unit kerja yang menangani kebutuhan atau keluhan pemohon akta perkawinan dan kejelasan rincian biaya dalam mengurus akta perkawinan. Kepastian Hukum, meliputi: kepastian waktu dalam kesesuaian waktu penyelesaian pelayanan akta perkawinan dengan ketentuan yang berlaku dan ketersediaan informasi waktu penyelesaian pelayanan akta perkawinan. Akurasi, meliputi: kesesuaian produk pelayanan dengan standar yang telah ditetapkan dan jaminan perlindungan hukum atas produk yang dihasilkan. Keamanan, meliputi: Keamanan proses dan terbitnya akta perkawinan sampai ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang. Tanggung Jawab, meliputi: tindak lanjut atas segala keluhan dalam akta perkawinan yang masuk untuk segera diselesaikan oleh pejabat yang berwenang. Kelengkapan Sarana dan Prasarana, meliputi: kelengkapan sarana dan prasarana dilihat berdasarkan kecukupan sarana dan prasarana kerja, ketersediaan peralatan teknologi, telekomunikasi dan informatika (telematika), dan kemampuan aparat terhadap penggunaan teknologi dan telematika. Kemudahan Akses, meliputi: kemudahan akses dan ketersediaan lokasi pelayanan yang strategis, ketersediaan sarana transportasi untuk menjangkau lokasi pelayanan serta ketersediaan teknologi dan telematika untuk mengakses pelayanan akta perkawinan. Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan, meliputi: aparatur yang memberi layanan bersikap sopan, ramah dan ikhlas terhadap pemohon yang mengurus akta perkawinan. Kenyamanan, meliputi: ketersediaan ruang tunggu yang nyaman dan bersih, serta fasilitas seperti toilet, tempat ibadah yang layak.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.15 Total quality management
      J Political Science > JS Local government Municipal government
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 12 Mar 2012 10:52
      Last Modified: 12 Mar 2012 10:53
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2935

      Actions (login required)

      View Item