AKUNTABILITAS KINERJA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA JAMKESMAS DI RSUD KABUPATEN SIDOARJO.

NILAM , SURYA NINGRUM (2011) AKUNTABILITAS KINERJA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA JAMKESMAS DI RSUD KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (359Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (1824Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI NILAM SURYA NINGRUM, 0741010015, AKUNTABILITAS KINERJA PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA JAMKESMAS DI RSUD KABUPATEN SIDOARJO Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian data penelitian kualitatif yang merupakan kalimat, kata-kata atau gambar adalah menggunakan teknik deskriptif kualitatif dimana dalam penelitian ini digambarkan suatu fenomena dengan jalan mendeskripsikannya. Fenomena dalam penelitian ini adalah mengenai akuntabilitas kinerja bagi peserta jamkesmas yang diberikan belum tercapai dan belum diterapkan sepenuhnya dalam program jaminan kesehatan masyarakat. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Jamkesmas di RSUD Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Jamkesmas di RSUD Kabupaten Sidoarjo. Pedoman penelitian ini menggunakan acuan Keputusan Menteri Pendatagunaan Aparatur Negara Nomor : Kep/26/M.PAN/2/2004 Tentang Petunjuk Teknis Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Program jamkesmas yang diteliti lebih memfokuskan pada akuntabilitas kinerja, karena pelaksanaan akuntabilitas kinerja akan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, serta kepastian bagi masyarakat miskin yang memerlukan dan yang berhak atas pelayanan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Situs penelitian ini dilaksanakan di RSUD Kabupaten Sidoarjo. Fokus dalam penelitian ini ada 3 yaitu 1. Sistem Prosedur yang dilihat berdasarkan secara internal untuk mendukung proses pelayanan yang efektif dan efesien maupun secara eksternal untuk memberikan kualitas dalam kepuasan kepada masyarakat pengguna jamkesmas, 2. Sumber Daya Manusia yang dilihat berdasarkan dengan profesionalisme pegawai dalam memberkan pelayanan kepada pengguna jamkesmas, 3. Sarana Prasarana yang dilihat berdasarkan dengan kelengkapan yang dimiliki sudah sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Informan dan responden dalam penelitian ini adalah peserta jamkesmas rawat inap dan rawat jalan, Ka.subbag serta petugas loket atau bagian administrasi RSUD Kabupaten Sidoarjo Hasil penelitian yang diperoleh adalah Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Jamkesmas di RSUD Kabupaten Sidoarjo meliputi Sistem Prosedur, Sumber Daya Manusia, dan Sarana Prasarana yang dilakukan RSUD Kabupaten Sidoarjo sudah dilakukan dengan baik dengan adanya informasi yang terbuka dan jelas serta pertanggung jawaban yang sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5549 Personnel Management. Employment management
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 12 Mar 2012 14:30
      Last Modified: 12 Mar 2012 14:31
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2937

      Actions (login required)

      View Item