KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA SURABAYA

RADIANSA, YULIANTO (2011) KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI AKTA KELAHIRAN DI KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL PEMERINTAH KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (215Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (2426Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI RADIANSA YULIANTO, Kualitas Pelayanan Administrasi Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya, Skripsi, 2011 Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Kualitas pelayanan Administrasi di Kantor Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif yang meneliti hanya satu variabel tentang kualitas pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan pihak karyawan, data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dengan melalui arsip-arsip (dokumentasi). Adapun fokus dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang meliputi : Kesederhanaan, Kejelasan, Kepastian Waktu, Akurasi, Keamanan, Tanggung Jawab, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, Kemudahan Akses, Kedisiplinan Kesopanan, Keramahan serta Kenyamanan. Hasil dari penelitian di Kantor Catatan Sipil Pemerintah Kota Surabaya mengenai kualitas pelayanan administrasi akta kelahiran berdasarkan dimensi kualitas yang terdiri dari : Kesederhanaan yang meliputi : prosedur pelayanan yang tidak berbelit-belit, proses pengurusan yang mudah dan dapat dipahami. pemohon menyatakan sudah jelas dan mudah dipahami. Kejelasan yang meliputi : kejelasan syarat-syarat tantang pengurusan akta kelahiran. Sebagian besar pemohon sudah cukup jelas dengan syarat-syarat yang diajukan. Kepastian Waktu yang meliputi : kepastian waktu penyelesaian akta kelahiran. Menurut sebagian besar pemohon belum baik karena tidak sesuai dengan ketentuan waktu yang telah ditetapkan. Akurasi yang meliputi : apakah produk pelayanan publik (akta kelahitan) dapat diterima denga benar. Pemohon meyetakan sudah dapat diterima dengan baik karena sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dapat di pertanggung jawabkan. Keamanan yang meliputi : Keterkaitan keamanan dengan proses dan produk pelayanan. Sebagian besar pemohon menyatakan sudah cukup baik dan ada kepastian hukum. Tanggung Jawab yang meliputi : bagaimana respon atau daya tanggap pegawai terdadap pemohon akta kelahiran yang membutuhkan bantuan. Sebagian besar pemohon menyatakan bahwa daya tanggap pegawai dalam memberi bantuan kepada pemohon akta kelahiran sudah cukup baik, dan mengenai tindakan pegawai dalam menghadapi keluhan dari pemohon juga sudah cukup baik. Kelengkapan Sarana dan Prasarana yang meliputi : Kondisi sarana dan prasarana, alat panggil, papan informasi, sarana pendukung. Sebagian pemohon menyatakan sudah cukup baik serta sudah tersedianya sarana teknologi Telekomunikasi dan Informatika (TELEMATIKA). Kemudahan Akses yang meliputi : kemudahan akses dan ketersediaan lokasi pelayanan yang strategis, kemudahan akses dalam website. Pemohon menyatakan sudah cukup baik walaupun lokasi pelayanan tidak berada di tengah kota tetapi masih mudah di jangkau oleh masyarakat, mengenai website pemohon menyatakan sangat membantu dalam mencari informasi tentang kependudukan. Kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan yang meliputi : kedisiplinan, Kesopanan dan Keramahan pegawai dalam melayani proses pengurusan akta kelahiran. Pemohon menyatakan sudah baik karena pegawai sudah sopan dan ramah terhadap semua pemoho khususnya akta kelahiran. Kenyamanan yang meliputi : ketersediaan ruang tunggu dan fasilitas yang mendukung, kebersihan kantor. Sebagian besar pemohon menyatakan sudah baik hanya saja perlu ditambah kursi karena masih adanya pemohon yang berdiri tidak mendapatkan kursi dan untuk sarana pendukung pemohon sudah cukup puas karena disediakannya fasilitas pendukung seperti ruang merokok, ruang ibu menyusui, toolet dll,untuk kebersihan kantor juga sudah cukup baik karena setiap pagi di sediakan petugas untuk membersihkan kantor.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.15 Total quality management
      T Technology > TS Manufactures > TS155 Production management. Operations management > TS156 Quality control
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 13 Mar 2012 15:02
      Last Modified: 13 Mar 2012 15:03
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2943

      Actions (login required)

      View Item