ANALISIS PELAYANAN BAGI PESERTA JAMKESMAS DENGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PRAMBON SIDOARJO

Rizky, Novriyanto (2011) ANALISIS PELAYANAN BAGI PESERTA JAMKESMAS DENGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PRAMBON SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (339Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (782Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI Rizky Novriyanto NPM: 0541010019 Analisis Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Jamkesmas Dengan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Prambon Sidoarjo Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja dan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan pemerintah yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat.Idealnya pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas lebih ditekankan pada tindakan promotif dan preventif dari pada kuratif dan rehabilitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi tentang efektivitas. dan efisiensi pelayanan medik di Puskesmas Prambon sampel yang terkait dengan program pembiayaan kesehatan di Puskesmas Prambon Sidoarjo yaitu (1) jaminan kesehatan masyarakat miskin (Jamkesmas), (2) jaminan kesehatan Daerah (Jamkes-da) dan (3) asuransi kesehatan (Askes) serta (4) jaminan kesehatan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif deskriptif dengan pengambilan data primer melalui wawancara serta observasi objek penelitian dan di dukung data skunder dari puskesmas Prambon Dari hasil penelitian diketahui bahwa Dari 14 Indikator Indeks Kepuasan Mayarakat yang diteliti bahwa terdapat 6 (enam) indeks kepuasan masyarakat dengan kategori tidak baik yaitu :Prosedur pelayanan, Persyaratan pelayanan, kecepatan pelayanan, kewajaran biaya pelayanan, Kepastian biaya pelayanan.. Terdapat 8 (delapan) indikator yang berkategori baik yaitu: kedelapan indikator tersebut adalah: Kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas, tanggung jawab petugas, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kepastian jadwal pelayanan. 2) Nilai Indeks Kepuasan Mayarakat secara keseluruhan menunjukkan kategori yang baik, yaitu sebear 70,42 3).Kinerja unit pelayanan di Puskemas Prambon Sidoarjo memiliki kartegori yang baik,namun pelayanan ini masih harus perlu ditingkatkan dalam melayani pasien di masa mendatang.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior > HF5415.335 Consumer Satisfaction
      J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Adi Prasetyawan
      Date Deposited: 13 Mar 2012 15:49
      Last Modified: 13 Mar 2012 15:50
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/2947

      Actions (login required)

      View Item