Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Pendekatan Human Resources Scorecard (HRSC) (Studi kasus di PT. "X" , Margomulyo - Surabaya)

Rusindiyanto , - and Lidwina , Setyarini (2007) Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Dengan Pendekatan Human Resources Scorecard (HRSC) (Studi kasus di PT. "X" , Margomulyo - Surabaya). In: Seminar Nasional Waluyo Jatmiko : Peranan Industri Jasa dalam Perekonomian Global, 5 Juli 2007, Surabaya.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (613Kb) | Preview

    Abstract

    Human Resources Scorecard (HRSC) merupakan konsep pengukuran strategi SDM yang menjabarkan visi,misi, dan strategi perusahaan menjadi aksi human resources yang dapat diukur kontribusinya. HRSC membandingkan kualitas SDM dengan berbagai indikator kinerja perusahaan melalui empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pengukuran kinerja SDM (karyawan) di PT. Asian Profile Indosteel dilakukan secara subyektif berdasarkan pokok-pokok penilaian yang ditentukan perusahaan dan tujuan pengukuran kinerja hanya difokuskan pada penentuan gaji karyawan untuk tiap tahunnya. Pengukuran kinerja karyawan tidak terlibat langsung dalam strategi perusahaan. Tujuan penelitian adalah mengukur kinerja SDM dan memberikan usulan perbaikan terhadap Key Peiformance Indicator yang tidak mencapai target perusah~an dengan menggunakan metode Human Resources Scorecard (HRSC). Hasil penelitian kinerja SDM pada tahun 2005 - 2006 sebesar 3.403 yang dikategorikan baik. Sedangkan kinerja perspektif keuangan adalah 2.948 (kurang), kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah 3.209 (sangat kurang), kinerja perspektif pelanggan adalah 3.399 (sedang), dan kinerja perspektif proses bisnis internal adalah 5.005 (sangat baik). KPI yang tidak mencapai target untuk perspektif keuangan adalah KPI Training Cost dan KPI Employee Procurement Cost. Untuk perspektif pelanggan, KPI Employee Satisfaction Index, KPI prosentase Employee Turn Over, dan KPI prosentase jumlah sanksi. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, KPI jumlah pelatihan dan KPI jumlah karyawan yang mampu mengoperasikan komputer dan menguasai sistem informasi perusahaan.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5549 Personnel Management. Employment management
    Divisions: Conference/Seminar
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 22 Mar 2012 15:27
    Last Modified: 22 Mar 2012 15:27
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3025

    Actions (login required)

    View Item