PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KECAP ABC DI SURABAYA

Fadjrin , A Fatah (2010) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK KECAP ABC DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (67Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (324Kb)

      Abstract

      Kepuasan konsumen merupakan kepuasan konsumen sebagai keseluruhan sikap yang ditunjukkan konsumen atas barang atau jasa setelah mereka memperoleh dan menggunakannya. Berdasarkan data tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kecap di Indonesia menunjukkan bahwa pada tahun 2008, produk kecap ABC memilik nilai TSS (Total Satisfaction Score) tertinggi, sedangkan pada tahun 2009 nilai TSS produk kecap ABC mengalami penurunan dan hanya mampu menempati urutan kedua setelah Produk Kecap Bango. Terjadinya penurunan kepuasan konsumen tersebut salah satunya disebabkan semakin menurunnya strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian produk Kecap ABC di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden yaitu konsumen yang sedang melakukan pembelian Produk Kecap ABC Di Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling tepatnya tepatnya accidental sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang tersebut cocok sebagai sumber data. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi, Pada penelitian ini ada 14 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 70-140. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 112 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM diagram yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada Produk Kecap ABC di Surabaya

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 26 Feb 2011 14:34
      Last Modified: 26 Feb 2011 14:34
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/305

      Actions (login required)

      View Item