TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN AGAMA SIDOARJO TENTANG HAK ANAK ANGKAT TERHADAP HARTA PENINGGALAN ORANG TUA ANGKATNYA (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 223/ Pdt. G/2005/PA. Sda).

Renni, Agustina (2010) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN AGAMA SIDOARJO TENTANG HAK ANAK ANGKAT TERHADAP HARTA PENINGGALAN ORANG TUA ANGKATNYA (Studi Kasus Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 223/ Pdt. G/2005/PA. Sda). Undergraduate thesis, Faculty of Law.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (273Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (283Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hak anak angkat terhadap harta peninggalan orang tua angkatnya ditinjau dari segi hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan berdasarkan norma dan kaidah dari peraturan perundangan. Sumber data diperoleh dari literatur-literatur, perundang-undangan yang berlaku dan putusan dari pengadilan agama. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis yang meliputi isi dan stuktur hukum positif yaitu suatu kegiatan yang dilakukan oleh penulis untuk menentukan isi atau makna aturan hukum yang dijadikan rujukan dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang menjadi objek kajian. Hasil penelitian yang dapat di simpulkan adalah kedudukan anak angkat dalam hukum Islam hanya sebatas tujuan untuk saling tolong-menolong tanpa mengubah nasab dari anak itu sendiri. Dalam penyelesaian kasus pembagian harta peninggalan bagi anak angkat di Pengadilan Agama Sidoarjo harta yang dibagi adalah pada harta bawaan dan harta gono-gini (harta bersama) dari orang tua angkat. Hal ini berdasarkan pada ketentuan kompilasi hukum Islam yang menyatakan bahwa anak angkat dapat memperoleh harta peninggalan orang tua angkatnya dengan jalan melalui hibah atau wasiat wajibah dengan syarat tidak boleh melebihi 1/3 (sepertiga) dari harta warisan orang tua angkatnya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: K Law > K Law (General)
      Divisions: Faculty of Law > Science of Law
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 08:07
      Last Modified: 28 Feb 2011 08:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/307

      Actions (login required)

      View Item