Strategi Kepala Instalasi Rawat Inap Dalam Meningkatkan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya

KUKUH , BAYU SANTOSO (2010) Strategi Kepala Instalasi Rawat Inap Dalam Meningkatkan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (72Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (128Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di Rumah sakit Umum haji Surabaya masih terdapat pasien Instalasi Rawat Inap (IRNA) yang tidak mendapatkan pelayanan kamar untuk rawat inap sesuai dengan keinginan pasien. Namun pasien ditempatkan pada ruang inap yang secara nominal diluar batas kemampuan pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedang analisa data yang digunakan adalah analisa model interaktif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data 1. Interview, 2. Observasi, 3. Catatan Lapangan. Fokus penelitian yang digunakan adalah strategi untuk meningkatkan kinerja perawat dengan dilihat dari 3 hal, yaitu Dorongan positif meliputi : lakukan audit kerja, tetapkan standar dan tujuan kerja, berikan umpan balik kepada karyawan mengenai kinerjanya, bagi karyawan pujian atau imbalan yang berkaitan langsung dengan kinerja. Disiplin positif meliputi : Perusahaan peduli dan akan tetap memperkerjakan karyawan selama dia berkomitmen untuk bekerja dengan baik.Bantuan karyawan meliputi : dukungan manajemen puncak, dukungan karyawan,kepemimpinan professional yang terampil,penilainan dan merevisi. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa dilihat dari dorongan positif sudah dilakukan dengan baik. Dorongan positif yang diberikan oleh Kepala Instalasi Rawat Inap terhadap perawat berdasarkan tupoksi direktur yaitu mengkoordinasi pengendalian terhadap pelaksanaan tugas rumah sakit yang telah ditetapkan dan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya dan diadakan penghargaan baik bersifat materiil serta penelitian terhadap kinerjanya. Pada fokus kedua, yaitu disiplin positif yang dilihat dari sikap dan perilaku perawat tidak terlambat datang bekerja, bekerja sesuai dengan jam kerja yang sudah ditetapkan dan perawat juga diberi kebijakan untuk menindak lanjuti apabila pegawai melakukan kesalahan atau tidak disiplin. Pada fokus ketiga, bantuan karyawan harus ditegakkan karena sangat membantu dalam melaksanakan kinerja dan menumbuhkan kreatifitas untuk mencapai tujuan organisasi dengan dukungan dari Kepala Instalasi Rawat Inap maupun antar pegawai.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 26 Feb 2011 14:56
      Last Modified: 26 Feb 2011 14:56
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/313

      Actions (login required)

      View Item