PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BENGKEL AHAS ”UMAR JAYA” DI WONOAYU SIDOARJO

awalludin, prasetiyo (2010) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BENGKEL AHAS ”UMAR JAYA” DI WONOAYU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (61Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (383Kb)

      Abstract

      Bengkel AHASS Umar Jaya mengalami penurunan jumlah unit sepeda motor yang diservis diduga disebabkan adanya penurunan loyalitas pelanggan. Selain itu melihat data diatas diduga terdapat beberapa pelanggan bengkel AHASS Umar Jaya yang bergeser kebengkel AHASS lain dan bengkel tidak resmi honda. Untuk menanggulangi kondisi persaingan serta mengembalikan pelanggan, AHASS Umar Jaya harus terus berusaha membina hubungan baik dengan pelanggan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalaha)Untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bengkel Honda AHASS “Umar jaya” di Wonoayu Sidoarjo.(b)Untuk menganalisis pengaruh customer relationship manajemen terhadap nilai pelanggan bengkel Honda AHASS “Umar Jaya” di Wonoayu Sidoarjo.(c)Untuk menganalisis pengaruh customer relationship manajemen terhadap loyalitas pelanggan bengkel Honda AHASS “Umar Jaya” di Wonoayu Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan bengkel Honda AHASS “Umar Jaya” di Wonoayu Sidoarjo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 orang pelanggan bengkel Honda AHASS “Umar Jaya” di Wonoayu Sidoarjo. Teknik sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik aksidental sampling yaitu teknik penentuan sample berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sample (Sugiyono, 2000:7). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: a)Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh positif nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bengkel Honda AHAS “UMAR JAYA” di Wonoayu Sidoarjo” teruji dengan nilai probabilitas <0,1. Hal ini mengandung arti bahwa semakin baik customer relationship manajemen dari perusahaan dapat memberikan nilai lebih bagi pelanggan. b)Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa “terdapat Pengaruh positif customer relationship manajemen terhadap nilai pelanggan bengkel Honda AHAS “UMAR JAYA” di Wonoayu Sidoarjo”tidak teruji dengan nilai probabilitas >0,1. Hal ini mengandung arti bahwa rendahnya nilai pelanggan tidak dapat menciptakan loyalitas pelanggan. c)Hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa “terdapat Pengaruh positif customer relationship manajemen terhadap loyalitas pelanggan bengkel Honda AHAS “UMAR JAYA” di Wonoayu Sidoarjo” teruji dengan nilai probabilitas < 0,1. Artinya bahwa customer relationship manajemen yang dibentuk oleh perusahaan mampu menciptakan loyalitas pelanggan

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 26 Feb 2011 15:18
      Last Modified: 26 Feb 2011 15:19
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/318

      Actions (login required)

      View Item