PEMAKNAAN PERLAWANAN INTELEKTUAL TOKOH GIE DALAM NASKAH SKENARIO

Christian A., Pramudia (2010) PEMAKNAAN PERLAWANAN INTELEKTUAL TOKOH GIE DALAM NASKAH SKENARIO. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2 (2). ISSN 127164-9644

[img]
Preview
PDF
Download (118Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan perlawanan intelektual tokoh Gie dalam buku ‘Gie, Naskah Skenario’ karya Riri Riza. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengelompokan leksia perlawanan intelektual dalam buku “Gie, Naskah Skenario”. Analisis data adalah dengan membagi aspek semiologi leksia “perlawanan intelektual” tersebut ke dalam aspek material dan konseptual kemudian melakukan pemaknaan tokoh Gie dengan elemen standar skenario, konteks sosial politik Indonesia semasa hidup Gie, dan skenario film. Kemudian dianalisa secara semiologi teks Roland Barthes dengan menemukan kode-kode pokok dalam leksia tersebut, maka ditemukanlah tanda dan kode yang menghasilkan makna. Hasil analisis dan intepretasi terhadap pemaknaan perlawanan intelektual tokoh Gie dalam skenario ini, bahwa tokoh Gie dalam naskah skenario ini melakukan perlawanan intelektual dalam golongan : Mempengaruhi gerakan sosial; mempropagandakan secara halus sebuah perubahan dalam pemerintahan; menyediakan diagnosa atas masalah ekonomi, politik negara dan kebijakan; berpartisipasi dalam gerakan sosial. Tokoh Gie melakukannya melalui : tulisan di media massa, siaran-siaran di radio UI, demonstrasi dan aksi kolektif. Hal-hal yang mengarahkannya : afinitas sosial, depriviasi dan efektifitas politik. Secara menyeluruh, ini disebut sebagai adanya gerakan revolusioner.

    Item Type: Article
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
    Divisions: UPN Jatim Journal > Jurnal Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Fatchullah Z.A
    Date Deposited: 11 May 2012 13:36
    Last Modified: 11 May 2012 13:37
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3184

    Actions (login required)

    View Item