PENGARUH FREE CASH FLOW DAN PROFITABILITAS TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA

Yunita , Eka Diansari (2010) PENGARUH FREE CASH FLOW DAN PROFITABILITAS TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF
Download (83Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (303Kb)

      Abstract

      Kebijakan dividen atau keputusan dividen pada hakikatnya adalah menentukan porsi keuntungan yang akan dibagikan kepada para pemegang saham, dan yang akan ditahan sebagai bagian dari laba ditahan. Untuk tahun 2009 ini perusahaan manufaktur juga mengalami perubahan yang fluktuatif yaitu diantaranya, Direktur Keuangan Kimia Farma Rusdi Rosman menambahkan dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) 2009, pemerintah selaku pemegang saham menetapkan target setoran lebih tinggi dari dividen 2008. “ Setoran dividen Kimia Farma ditetapkan 30% dari laba bersih tahun ini. Kalau diizinkan, kami minta keringanan seperti PT Indofarma Tbk yang dividennya 0%,”. Karena kondisi tersebut di atas, maka mengindikasikan bahwa adanya aliran kas bebas yang besar dalam suatu perusahaan belum tentu menunjukkan bahwa perusahaan tersebut akan membagikan dividen dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan ketika perusahaan memiliki aliran kas bebas yang kecil. Tujuan penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui pengaruh free cash flow terhadap dividen payout ratio pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. 2).Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap dividen payout ratio pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan keuangan perusahaan manufaktur yang go publik di BEI dari periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2008 yang berjumlah 151 perusahaan manufaktur. Sampel yang diambil adalah sebesar 15 laporan keuangan perusahaan manufaktur. Data yang dipergunakan adalah data sekunder yaitu data berupa dokumentasi perusahaan yang diserahkan ke Bursa Efek Indonesia.Sedangkan analisis yang dipergunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan telah didapatkan bahwa : 1). Free Cash Flow (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (Y).2. Profitabilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (Y).

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 26 Feb 2011 15:29
      Last Modified: 26 Feb 2011 15:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/319

      Actions (login required)

      View Item