UPAYA PERLINDUNGAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM KAITANNYA DENGAN IKLAN/PROMOSI YANG DILAKUKAN OLEH PARA PELAKU USAHA

Wiwin , Yulianingsih (2009) UPAYA PERLINDUNGAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM KAITANNYA DENGAN IKLAN/PROMOSI YANG DILAKUKAN OLEH PARA PELAKU USAHA. Liga hukum : Jurnal llmu Hukum, 1 (1). pp. 23-32. ISSN 2085-577X

[img]
Preview
PDF
Download (89Kb) | Preview

    Abstract

    Pemanfaatan kemajuan teknologi dan manajemen periklanan oleh para produsen yang dibarengi selling orientation yang sangat kuat, menumbuhkan semangat untuk membeli yang berlebihan pada konsumen. Situasi ini pada akhirnya merugikan konsumen karena belum ada perangkat hukum yang mengatur periklanan. Iklan yang dibuat secara tidak jujur oleh produsen tidak membawa konsekuensi hukum yang berarti, kalau tidak mengatakan tidak ada sama sekali. Dari segi pidana, tidak ada ketentuan yang dapat digunakan untuk menjerat produsen atas iklannya yang tidak jujur. Sedangkan dari segi keperdataan, iklan tidak dapat dikategorikan sebagai penawaran (offer), kecuali iklan dalam bentuk brosur yang didalamnya secara spesifik dimuat janji-janji.

    Item Type: Article
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: UPN Jatim Journal > Liga Hukum : Jurnal Ilmu Hukum
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 11 Jul 2012 12:34
    Last Modified: 11 Jul 2012 12:34
    URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3266

    Actions (login required)

    View Item