IMPLEMENTASI PERDA KOTA SURABAYA NO 5 TAHUN 2008 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DAN TERBATAS MEROKOK ( Studi tentang kawasan tanpa rokok di kampus UPN “ Veteran “ Jawa Timur )

SYAHRUL , MUBIN. (2010) IMPLEMENTASI PERDA KOTA SURABAYA NO 5 TAHUN 2008 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DAN TERBATAS MEROKOK ( Studi tentang kawasan tanpa rokok di kampus UPN “ Veteran “ Jawa Timur ). Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (416Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada fenomena banyaknya pelanggaran terhadap aturan ini baik berupa aktivitas merokok, iklan rokok juga penjualan produk rokok. Dari hasil observasi penulis yang di dokumentasikan dalam bentuk foto dan video pelanggaran yang paling banyak adalah aktivitas merokok baik yang dilakukan oleh oknum mahasiswa maupun pegawai universitas sendiri. Bahkan penulis juga menemukan adanya penjualan produk rokok di dalam gedung rektorat. Maka tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendiskripsikan pelaksanaan kebijakan kampus sebagai kawasan tanpa rokok dan terbatas merokok di kampus “ Veteran “ Jawa Timur apakah sesuai dengan yang dimanahkan dalam perda kota Surabaya no 5 tahun 2008. Dalam hal ini pimpinan / penanggung jawab kawasan memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan terlaksananya kebijakan ini dengan baik. Pimpinan / penanggung jawab kawasan perlu memperhatikan secara serius terhadap fenomena yang terjadi dilapangan. Di dalam perda no 5 tahun 20008 dan juga di perjelas dengan peraturan wali kota no 25 tahun 2009 telah dijabarkan tentang hal apa saja yang dilarang di dalam kawasan tanpa rokok, selain itu juga diatur wewenang dan tanggung jawab pimpinan / penanggunng jawab kawasan terkait dengan pelaksananaan kebijakan ini. Akan tetapi yang terjadi di lapangan adalah pelanggaran – pelanggaran yang masih banyak terjadi. Berdasarkan hal – hal diatas maka dibuatlah rumusan masalah penelitian “ Bagaimanakan implementasi perda no 5 tahun 2008 tentang kawasan tanpa rokok dan terbatas merokok di kampus UPN “ Veteran “ Jawa Timur ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian diskriftif melalui pendekatan kualitatif. Dengan fokus penelitian tiga hal yaitu : pertama, sosialisasi : memasang tanda larangan merokok , melakukan penyuluhan/kampanye tentang bahaya rokok. Kedua Tindakan / sanksi : menegur pelaku pelanggaran, mengusir pelaku keluar area kampus, memberikan sanksi administrative. Ketiga, hambatan / kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan di UPN “ Veteran “ Jawa Timur. Sumber dan jenis data dalam peneletian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data di lakukan reduksi data, display data, instrument penelitian ini adalah pedoman wawancara, cacatan dilapangan dan koneksi internet. Kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah yang pertama sosialisasi, yang merupakan upaya untuk memberikan informasi ke kelompok sasaran tentang diterapkannya aturan ini sudah sesuai dengan perda no 5 tahun 2008 namun masih belum optimal. Yang kedua sanksi, adalah upaya untuk menegakkan sebuah aturan untuk dipatuhi dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan perda no 5 tahun 2008. yang ketiga Hambatan dengan mengenal lebih dalam tentang hal apa saja yang menjadi kendala diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi untuk menyusun perbaikan – perbaikan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 08:28
      Last Modified: 28 Feb 2011 08:29
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/328

      Actions (login required)

      View Item