PEMBINGKAIAN BERITA TENTANG RENCANA KENAIKAN BBM PER 1 APRIL 2012 (Analisis Framing Pemberitaan rencana Kenaikan BBM per 1 April 2012 di Harian Jawa Pos dan Kompas Edisi 28 Februari – 1 Maret 2012 )”

WAHYU , SETIANINGRUM (2012) PEMBINGKAIAN BERITA TENTANG RENCANA KENAIKAN BBM PER 1 APRIL 2012 (Analisis Framing Pemberitaan rencana Kenaikan BBM per 1 April 2012 di Harian Jawa Pos dan Kompas Edisi 28 Februari – 1 Maret 2012 )”. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JATIM.

[img]
Preview
PDF
Download (142Kb) | Preview
    [img] PDF
    Restricted to Repository staff only

    Download (1912Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilatar belakangi oleh issue kenaikan BBM yang selalu menjadi pro dan kontra di negara kita, dan menjadi bahan pembicaraan publik dari level masyarakat biasa hingga elite politik. Tidak sedikit dari masyarakat maupun elite politik yang menentang kebijakan‐kebijakan tersebut Pada Penelitian ini akan dijelaskan bagaimana cara media dalam membingkai berita tentang kebijakan pemerintah pra kenaikan BBM melalui penonjolan maupun penekanan issue yang diangkat oleh harian Kompas dan Jawa Pos, yang dikonstruksikan dalam suatu proses penulisan berita. Penulisan berita meliputi bagaimana cara wartwan dalam menyusun fakta, menceritakan fakta, menulis dan memberi penekanan pada fakta. Penulis akan menganalisis berita tentang rencana kenaikan BBM per 1 April 2012 di harian Kompas dan Jawa Pos. dengan menggunakan analisis framing dari Robert N. Entman. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis framing. Analisis framing sangat tepat digunakan untuk menangkap kecenderungan sikap dan prespektif suatu media dalam cara pemberitaannya. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep dari model Entman yang menggunakan empat cara tentang menganilisis framing,sehingga akan dapat diketahui bahwa bagaimana frame atau pembingkaian berita yang dilakukan oleh harian Kompas dan Jawa Pos dalam mengangkat issue maupun membongkar kasus‐kasus yang terdapat dalam pemberitaan kedua media tersebut. Adapun empat cara yang digunakan dalam analisis framing model Robert N Etnman, yaitu :Define problem, Diagnose Cause, Make Moral Judgement Treatment recommendation. Korpus dalam penelitian ini adalah berita‐berita tentang rencana kenaikan BBM di surat kabar Kompas dan Jawa Pos periode tanggal 28 Februari ‐ 3 Maret 2012. Hasil analisis peneliti dapat diketahui bahwa Surat Kabar Jawa Pos membentuk konstruksi berita tentang kenaikan harga BBM dimaknai sebagai masalah Politik. Surat Kabar Kompas membentuk berita tentang kenaikan harga BBM dimaknai sebagai masalah Ekonomi.Surat Kabar Jawa Pos mempersalahkan bahwa harga minyak mentah dunia adalah sebagai penyebab masalah, sedangkan Pemerintah berusaha mencari solusi berupa kompensasi bagi masyarakat.Surat Kabar Kompas mempermasalahkan bahwa pemerintah menjadi penyebab masalah dengan berbagai opsi yang diawarkan dan terkesan membingunkan masyarakat. Surat Kabar Jawa Pos memberikan solusi bahwa pemerintah berusaha memberikan kompensasi sebagai ganti rugi menaikkan harga bahan bakar minyak.Surat Kabar Kompas memberikan solusi bahwa pemerintah segera mematangkan beberapa kompensasi kenaikan BBM dan nanti akan muncul dalam APBN perubahan 2012

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 30 Jul 2012 15:36
      Last Modified: 30 Jul 2012 15:36
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3302

      Actions (login required)

      View Item