PERSEPSI MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Arina , Setyawati Agustin (2012) PERSEPSI MASYARAKAT SURABAYA TERHADAP ONLINE SHOP PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JATIM.

[img]
Preview
PDF
Download (182Kb) | Preview
    [img] PDF
    Restricted to Repository staff only

    Download (151Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada pemanfaatan online shop. online shop yang teah menjadi tren belanja saat ini telah banyak menjamur di Facebook. Pengguna Facebook di Indonesia yang terus meningkat menjadi alasan terbesar bagi para pemilik online shop untuk memanfaatkan media sosial tersebut. Sudah banyak orang yang menggantungkan hidup mereka dengan mencoba peruntungan nasib melalui online shop. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Teori Computer Mediated Communications. Dalam teori ini ada salah satu perangkat yang disebut Groupware, yaitu perangkat yang dapat memudahkan komunikasi bersama dan up date real time ( segera dan saat itu juga). Keuntungan dengan adanya Groupware adalah setiap orang dapat mengerjakan apapun, dimana saja, kapan saja, meskipun antar anggota terpisah jarak, jadi lebih efisien biaya dan waktu. Teori ini berkaitan erat dengan komsep belanja online shop yang digemari oleh masyarakat Surabaya. Siapa saja, kapan saja dan dimana saja dapat melakukan belanja online shop. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan bila dalam penelitian ini kenyataannya ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan obyek peneliti, lebih peka serta dapat menyesuaikan diri dengan banyak pengaruh terhadap pola – pola nilai yang dihadapi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata – kata dan gambar. Teknik pengambilan adata berupa wawancara langsung dengan ke enam informan secara indepth interview dengan guide interview. Untuk memperoleh persepsi positif publik, metode kualitatif yang digunakan adalah berdasarjan empat aspek persepsi yang terdiri dari pengetahuan, penilaian, kepercayaan dan efek. Hasil penelitian ini adalah persepsi positif masyarakat Surabaya terhadap online shop pada media sosial Facebook. Hal ini berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti dengan para informan. Ke enam informan yang memiliki perbedaan usia dan pekerjaan namun memiliki persepsi ynag sama tentang online shop. persepsi positif mereka katakana berdasarkan pengalaman mereka selama belanja di online shop Facebook.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 31 Jul 2012 13:49
      Last Modified: 31 Jul 2012 13:50
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3311

      Actions (login required)

      View Item