Penerapan Corporate Social Responsibility Melalui Program Kemitraan Telkom Community Development Center Surabaya Timur Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Pada Pengrajin Batik Di Jetis - Sidoarjo

WENNY , SETIAWATI. (2010) Penerapan Corporate Social Responsibility Melalui Program Kemitraan Telkom Community Development Center Surabaya Timur Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Pada Pengrajin Batik Di Jetis - Sidoarjo. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (112Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (307Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan CSR melalui Program Kemitraan dalam memberdayakan Usaha Kecil pada Pengrajin Batik di Jetis, Sidoarjo dan untuk mengetahui Faktor-Faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penerapan CSR melalui Program Kemitraan dalam memberdayakan Usaha Kecil pada Pengrajin Batik di Jetis, Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan fokus penelitiannya yaitu penerapan CSR melalui Program Kemitraan dan kendala-kendala dalam penerapan CSR dalam memberdayakan Usaha Kecil pada Pengrajin Batik di Jetis, Sidoarjo. Sebagai key person adalah Asisten Manajer Officer 1 Telkom CDC Surabaya Timur, dan sebagai informan adalah Staff Telkom CDC Surabaya Timur dan Mitra Binaan Surabaya Timur. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan Corporate Social Responsibility melalui Program Kemitraan dengan Usaha Kecil pada Pengrajin Batik di Jetis, diperoleh hasil bahwa Program Kemitraan yang dilakukan oleh PT. Telkom mempunyai kejelasan serta telah mendapat dukungan baik dari pemerintah maupun dari pihak Telkom dengan dikeluarkannya Peraturan-Peraturan yang mendukung pelaksanaan Program dan juga pelaksanaan dari bentuk-bentuk Program Kemitraan telah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi Mitra Binaan Telkom sangat mudah dan Prosedurnya juga jelas. Mitra Binaan juga merasa senang dengan bunga ringan yang dibebankan dan hampir semua pengrajin batik di Jetis yang menjadi Mitra Binaan Telkom CDC Surabaya Timur ini mengalami peningkatan usaha dan juga peningkatan penjualan setelah mengikuti Program Kemitraan. Kendala-kendala dalam penerapan Program Kemitraan yaitu Lamanya proses atau alur yang harus dilakukan menyebabkan tidak adanya kepastian waktu kapan mitra binaan menerima pinjaman dana, jumlah pegawai Telkom CDC yang hanya 3 (tiga) orang sedikit menggangu survey kelayakan Calon Mitra Binaan yang ada di luar Surabaya dan juga kewajiban mitra binaan dalam pengembalian pinjaman dana kemitraan sering mengalami keterlambatan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 01 Mar 2011 08:55
      Last Modified: 01 Mar 2011 08:55
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/335

      Actions (login required)

      View Item