KINERJA PT.TELKOM SURABAYA TIMUR DI UKUR MELALUI PERSPEKTIF BALANCE SCORECARD

Erika , Ayu D.P (2012) KINERJA PT.TELKOM SURABAYA TIMUR DI UKUR MELALUI PERSPEKTIF BALANCE SCORECARD. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (403Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Download (579Kb) | Preview

      Abstract

      PT.TELKOM Surabaya Timur adalah perusahaan milik BUMN yang semakin berkembang, setiap perusahaan tidak pernah terhindar dari yang namanya pencapaian hasil kerja, hasil kerja inilah yang memberikan suatu penilaian apakah suatu perusahaan itu mendapatkan keuntungan atau tidak. Pencapaian hasil kerja yang ditragetkan merupakan suatu keberhasilan dalam perusahaannya, maka dari itu PT.TELKOM Surabaya Timur selalu menerapkan metode-metode penilaian kinerja seseorang itu diperlukan supaya setiap hasil kerja seseorang mencapai target, Metode penilaian kinerja yang dipakai oleh PT.TELKOM itu sendiri adalah Balanced Scorecard (Kartu Berimbang). Pada saat ini PT. Telkom Surabaya Timur menerapkan sistem pengukuran kinerja dengan metode Balanced Scorecard, dimana terdapat empat perspektif yang menjadi tolok ukur keberhasilan kinerja perusahaan yaitu aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek bisnis internal, dan aspek Inovasi dan pembelajaran. Dimana keempat perspektif tersebut memiliki strategic objective yang saling berhubungan dan membentuk hubungan sebab-akibat (strategy map). Namun strategi perusahaan yang telah terbangun dengan baik tersebut tidak sampai pada tingkat unit. Hal ini menyebabkan strategi perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik karena pelaksana dari strategi perusahaan adalah unit-unit yang dimiliki perusahaan tersebut. Selain itu, permasalahan yang terdapat pada PT.TELKOM Surabaya Timur adalah kurang mendalamnya penelusuran untuk menyelesaikan masalah Populasi dalam penelitian ini adalah PT.Telkom Kandatel Surabaya Timur. Data yang dipergunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari perusahaan. Sedangkan Analisis yang digunakan adalah kualitatif Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan 1.Hasil pengukuran untuk perspektif keuangan, yaitu Current Ratio, ROI, ROE, debt equity diperoleh hasil bahwa kinerja perusahaan bisa dikatakan baik, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 2. Hasil pengukuran kinerja perspektif pelanggan terhadap tingkat pemerolehan pelanggan, tingkat retensi pelanggan, tingkat profitabilitas pelanggan, menunjukkan tingkat kinerja yang baik, dan hanya retensi pelanggan yang mengalami penurunan. 3. Hasil pengukuran Perspektif Internal Bisnis, yaitu inovasi perusahaan dan layanan purna jual, secara keseluruhan kinerja perusahaan menunjukkan hasil yang baik. 4. Hasil pengukuran perpektif pembelajaran dan pertumbuhan, mengenai produktivitas karyawan dan retensi karyawan dapat dkatakan cukup,meskipun ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki Keywords: Kinerja Manajerial, Balance Scorecard

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5657.4 Managerial accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 07 Sep 2012 14:32
      Last Modified: 07 Sep 2012 14:32
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3362

      Actions (login required)

      View Item