PERANAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA DALAM MERAIH PRESTASI (Studi Empiris pada Mahasiswa Progdi Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur)

Fitria Ayunda, Santoso (2010) PERANAN PROSES BELAJAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA DALAM MERAIH PRESTASI (Studi Empiris pada Mahasiswa Progdi Akuntansi UPN “Veteran” Jawa Timur). Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (81Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (691Kb)

      Abstract

      Tercapainya prestasi mahasiswa yang bagus disebabkan oleh berlangsungnya proses belajar mengajar yang efektif,. Namun sama halnya dengan istilah “manusia tak ada yang sempurna”, proses belajar mengajarpun juga tak bisa selalu sempurna. Terkadang terdapat kendala - kendala atau hambatan yang membuat proses belajar mengajar itu menjadi tidak efektif dan prestasi mahasiswapun menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk mengeksplorasikan bagaimana peranan proses belajar mengajar bagi mahasiswa dalam meraih prestasinya. Metode yang digunakan untuk menemukan jawaban atas masalah penelitian adalah menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan informasi secara mendalam. Para informan yang terpilih adalah mahasiswa dan dosen fakultas ekonomi program studi akuntansi Universitas Pembanguan Nasional “Veteran” Jawa Timur, yang masih aktif mengikuti kuliah dan masih aktif mengajar. Peneliti memilih mereka sebagai informan dikarenakan merekalah yang menjalankan proses belajar mengajar di kampus. Kesimpulan penelitian ini adalah proses belajar mengajar memang sangat berperan bagi mahasiswa dalam meraih prestasinya. hal ini terlihat dari adanya kendala yang menghambat proses belajar mengajar menjadi tidak efektif. Jika tak ada kendala dalam proses belajar mengajar, mahasiswa dapat menerima materi dengan baik dan mencapai nilai prestasi yang memuaskan. Namun sebaliknya apabila terdapat kendala dalam proses belajar mengajar, maka mahasiswapun akan mengalami kendala dalam menerima materi yang disampaikan di saat proses belajar mengajar berlangsung, akibatnya mahasiswa tak bisa mencetak prestasi sesuai dengan yang diinginkannya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fatchullah Z.A
      Date Deposited: 28 Feb 2011 13:23
      Last Modified: 28 Feb 2011 13:23
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/337

      Actions (login required)

      View Item