PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMUNIKASI DAN PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. PANCA KARTIKA JAYA SENTOSA SIDOARJO

Oktevanie Nesia, Harlis (2010) PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KOMUNIKASI DAN PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. PANCA KARTIKA JAYA SENTOSA SIDOARJO. Undergraduate thesis, Faculty of economics.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (69Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (516Kb)

      Abstract

      PT. Panca Kartika Jaya Sentosa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Real Estate. Diketahui bahwa PT. Panca Kartika Jaya Sentosa sudah menggunakan komputer dan program yang mendukung aktivitas karyawan, namun dalam aktivitasnya manajemen kurang memperhatikan kepuasan pemakai sistem, disebabkan karyawan tidak dilibatkan untuk mengusulkan ide atau gagasan yang dapat dipakai oleh pengembang dalam merancang program dan sistem yang sesuai dengan seluruh bagian. Dengan tidak adanya komunikasi antara pemakai yang menggunakan sistem dengan perancangnya, membuat sistem yang ada kurang dapat mendukung penyediaan informasi finansial yang akurat. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh dukungan manajemen puncak, partisipasi dan komunikasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi akuntansi. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas dan satu variabel terikat yaitu dukungan manajemen puncak (X1), komunikasi karyawan (X2), partisipasi karyawan (X3) dan kepuasan pemakai (Y). Obyek penelitian ini adalah PT. Panca Kartika Jaya Sentosa, dengan jumlah sampel 11 orang yang terlibat dalam pengembangan Sistem Informasi Akuntansi seperti bagian Keuangan, bagian Pemasaran, bagian Teknik, dan bagian Internal Audit. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan variabel dukungan manajemen puncak dan komunikasi pemakai secara parsial tidak memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi akuntansi, sedangkan peningkatan variabel partisipasi pemakai memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi akuntansi, sehingga hipotesis penelitian tidak teruji kebenarannya, karena hanya variabel partisipasi pemakai yang berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi akuntansi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 13:22
      Last Modified: 28 Feb 2011 13:22
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/338

      Actions (login required)

      View Item