ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BERDASARKAN KONSEP ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT. INDOSAT Tbk SEBELUM DAN SESUDAH MERGER

MOH. FATHUL , AZIS (2010) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN BERDASARKAN KONSEP ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) PADA PT. INDOSAT Tbk SEBELUM DAN SESUDAH MERGER. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (84Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (260Kb)

      Abstract

      Di Indonesia, industri telekomunikasi merupakan salah satu jenis industri yang mempunyai pengaruh besar terhadap kegiatan kelancaran ekonomi. Hal ini disebabkan karena komunikasi merupakan kebutuhan utama dalam dunia bisnis. Perkembangan dunia usaha membawa perubahan pasar yang semakin meningkatkan persaingan. Keadaan ini memaksa perusahaan untuk terus memperkuat posisinya dipasar global, salah satunya dengan melakukan merger, seperti yang dilakukan oleh PT. INDOSAT Tbk dengan PT. Satelit Palapa Indonesia (Satelindo), PT. Indosat Multimedia Mobile (IM3), dan PT. Bimagraha Telekomindo pada tahun 2003. Salah satu tujuan merger adalah untuk menghasilkan sinergi. Untuk mengetahui manfaat merger dapat melihat perbandingan kinerja keuangan sebelum dan sesudahnya, salah satunya dengan analisis EVA (Economic Value Added). Atas dasar pemikiran tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan PT. INDOSAT Tbk sebelum dan sesudah merger dengan menggunakan konsep EVA (Economic Value Added). Penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk Laporan Keuangan. Untuk mengetahui perbedaan EVA Sebelum dan sesudah melakukan merger digunakan Uji analisis regresi dengan variabel dummy sedangkan Hipotesis di uji dengan uji t-student. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang siginifikan untuk nilai EVA pada periode sebelum dan sesudah melakukan merger. Atau dengan lain kata kinerja keuangan PT.Indosat Tbk sesudah merger ternyata kurang baik dibandingkan dengan sebelum merger, ini bisa dilihat dari nilai EVA sesudah merger yang negatif. Maka dapat dikatakan merger yang dilakukan PT. INDOSAT Tbk tidak mampu mendatangkan sinergi.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 28 Feb 2011 09:57
      Last Modified: 28 Feb 2011 10:04
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/341

      Actions (login required)

      View Item