REPRESENTASI KREATIVITAS DALAM IKLAN ROKOK A MILD VERSI "GELAR" DI TELEVISI (Studi Semiotik Representasi Kreativitas Dalam Iklan Rokok A Mild Versi "Gelar" di Televisi)

HIDAYANA , SASKIA (2012) REPRESENTASI KREATIVITAS DALAM IKLAN ROKOK A MILD VERSI "GELAR" DI TELEVISI (Studi Semiotik Representasi Kreativitas Dalam Iklan Rokok A Mild Versi "Gelar" di Televisi). PhD thesis, Faculty of Social and Politics.

[img]
Preview
PDF (Cover - bab I)
Download (78Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (667Kb)

      Abstract

      Pada perkembangan pertelevisian yang semakin pesat membuat iklan menjadi bagian penting dari perkembangan tersebut. Iklan bukan lagi menjadi pelengkap dalam program televisi melainkan menjadi tontonan yang menarik untuk dinikmati, karena iklan dikemas baik dengan menampilkan sisi kreatif dan inovatif melalui visualiasi yang menarik. Iklan rokok A Mild dikemas dengan ciri khas iklan yang selalu kritis sebagai reaksi atas kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. Peneliti tertarik meneliti iklan rokok A Mild versi "Gelar" dimana iklan ini menggambarkan bahwa setiap orang dituntut untuk memiliki kreativitas tinggi di tengah tuntutan kebutuhan hidup dengan segala keterbatasan yang ada. Dimana banyak sekali orang yang bersusah payah mengejar pendidikan untuk mendapatkan gelar, masih ada orang yang mempunyai kreativitas tinggi dengan menggunakan imajinasi untuk memiliki ide dalam membuat atau menciptakan dan memanfaatkan suatu hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi kreativitas dalam iklan A Mild versi "Gelar". Metode yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis data penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Unit analisis dari penelitian ini adalah semua tanda-tanda yang nampak atau terlihat pada setiap scene yang sudah di-capture berupa ikon, indeks, dan simbol, serta level realitas, level representasi, dan level ideologi seperti yang dikemukakan oleh Charles sanders Peirce dan John Fiske. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik dokumentasi dan mengamati potongan adegan per adegan atau scene. Setelah visual gambar diperoleh, peneliti meng-capture berdasarkan scene yang merepresentasikan kreativitas melalui berbagai simbol yang terlihat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa iklan rokok A Mild versi "Gelar" ini mengandung pesan kritik sosial dalam bentuk sindiran, bahwa di tengah kondisi sosial dimana banyak orang yang mengejar pendidikan untuk mendapatkan gelar, masih ada yang memiliki ide dan kreativitas untuk membuat atau menciptakan suatu hal yang dapat menghasilkan uang di tengah tingginya berbagai tuntutan kebutuhan hidup dengan segala keterbatasan yang ada. Tayangan iklan yang kreatif serta mempunyai daya tarik sendiri karena memberikan sudut pandang lain yang tidak ada kaitannya dengan rokok itu sendiri, membuat audiens tertarik dengan tampilan dalam visualisasi cerita iklan rokok A Mild ini.

      Item Type: Thesis (PhD)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.123 Communication in marketing
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 07 Aug 2012 11:12
      Last Modified: 07 Aug 2012 11:13
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3449

      Actions (login required)

      View Item