Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah, dan Nilai Ekspor, Terhadap Kredit pada Perusahaan Perbankan yang Go Public

MYKE , YUNI ANTIKA (2010) Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Nilai Tukar Rupiah, dan Nilai Ekspor, Terhadap Kredit pada Perusahaan Perbankan yang Go Public. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (161Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (334Kb)

      Abstract

      Tingkat suku bunga, nilai tukar rupiah, dan nilai ekspor adalah variabel-variabel makro ekonomi yang selalu berubah sesuai dengan kondisi ekonomi pada suatu negara. Pengetahuan yang baik mengenai pengaruh ketiga variabel ini terhadap jumlah kredit perbankan akan sangat membantu perencanaan strategis perbankan menghadapi volatilitas perekonomian. Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang berfungsi sebagai jembatan antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang memerlukan dana. Bank diharapkan dapat memberikan kredit kepada masyarakat sehingga perekonomian dapat terus tumbuh, namun dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian untuk dapat mengurangi resiko baik resiko nasabah maupun resiko sistemik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tingkat suku bunga, nilai tukar rupiah, dan nilai ekspor terhadap jumlah kredit. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Variabel bebas dalam penelitian adalah tingkat suku bunga ( X1 ), nilai tukar rupiah ( X2 ), dan nilai ekspor ( X3 ), sedangkan variabel terikat adalah jumlah kredit ( Y1 ). Populasi penelitian adalah perusahaan – perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia sebanyak 6 perusahaan. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel Nilai ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah kredit, sedangkan variabel tingkat suku bunga tidak signifikan dan berpengaruh positive, dan variabel Nilai tukar rupiah tidak signifikan dan berpengaruh negative.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 28 Feb 2011 10:12
      Last Modified: 28 Feb 2011 10:12
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/346

      Actions (login required)

      View Item