TRANSPARANSI PELAYANAN SANTUNAN DI KANTOR JASA RAHARJA SIDOARJO

VAILA , SHUFAH NINDIYATI NINGRUM (2012) TRANSPARANSI PELAYANAN SANTUNAN DI KANTOR JASA RAHARJA SIDOARJO. Undergraduate thesis, Faculty of Social Science and Political Science.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (263Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (863Kb)

      Abstract

      ABSTRAKSI VAILA SHUFAH NINDIYATI NINGRUM, TRANSPARANSI PELAYANAN SANTUNAN DI KANTOR JASA RAHARJA SIDOARJO. Berdasarkan fenomena bahwa penerima dana santunan dari kantor Jasa Raharja Sidoarjo sebanyak 602 orang sangat kecil jumlahnya (41%), jika dibanding dengan pemohon pengajuan asuransi sebanyak 1.458 pemohon. Seharusnya semua masayarakat yang berhak dapat memperoleh santunan. Di sisi lain PT. Jasa Raharja merupakan salah satu BUMN yang menjadi ikon pelayanan publik di Jawa Timur yang dalam melaksanakan pelayanan yang berpedoman pada Keputusan Men.PAN No.63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Khususnya transparansi dan akuntabilitas berpedoman pada Keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Nomor : KEP/26/M.PAN/2/2004. Tujuan Penelitian ini adalah : (1)Untuk Mengetahui Kategori Tingkat Transparansi Pelayanan Santunan di Kantor Jasa Raharja Sidoarjo.(2)Untuk Menguji Perbedaan Antara Frekuensi Tingkat Transparansi Pelayanan Santunan Yang Diamati (fo) Dengan Frekuensi Tingkat Transparansi Yang Diharapkan (fh). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel mandiri dengan 10 indikator sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayaan Aparatur Negara Nomor : KEP/26/M.PAN/2/2004 yaitu manajemen penyelenggaran pelayanan publik, prosedur pelayanan, persyaratan teknis dan persyratan administratif pelayanan, rincian biaya pelayanan, wkatu penyelesaian pelayanan, pejabat yang berwewenang dan bertanggung jawab, lokasi pelayanan, janji pelayanan, standart pelayanan dan informasi pelayanan.. Metode yang digunakan adalah deskritif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dari 240 responden sebagai sampel yang mewakili populasi dalam penelitian ini adalah penerima dana santunan sejumlah 602 orang dari bulan Oktober 2010 sampai dengan bulan September 2011. Dari hasil penelitian dan pembahasan menghasilkan kesimpulan : 1) Transparansi Pelayanan Santunan di Kantor Jasa Raharja Sidoarjo berada dalam kategori transparan dengan sebesar 43% jawaban responden, tetapi 38% menyatakan cukup transparan. 2) Indikator Manajemen dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik merupakan Indikator yang mendapatkan penilaian paling tidak transparan (19%). 3) Indikator Standar Layanan Publik medapatan penilaian merupakan indikator yang mendapatkan penilaian sangat transparansi (20%). Berdasarkan analisis data dengan Perhitungan harga Chi Kuadrat hitung = 184,5832. dengan derajat keabsahan (dk) = k – 1 = 5 – 1 = 4 taraf kesalahan 5% , harga Chi Kuadrat tabel sebesar 9,488. Ternyata harga Chi Kuadrat hitung 184,5832 lebih besar dari pada harga Chi Kuadrat tabel 9,488. Maka uji statistik menyatakan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa Terdapat Perbedaan Antara Frekuensi Tingkat Transparansi Pelayanan Santunan Yang Diamati (fo) Dengan Frekuensi Tingkat Transparansi Yang Diharapkan (fh)

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1601 Civil Service
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 6 not found.
      Date Deposited: 08 Aug 2012 11:14
      Last Modified: 08 Aug 2012 11:16
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3482

      Actions (login required)

      View Item