ANALISIS RASIO MARJIN KONTRIBUSI DENGAN PENDEKATAN BIAYA TUNAI SEBAGAI ALAT DALAM PENETAPAN HARGA PRODUK DAN BREAK EVEN POINT PRODUK

TITI , MARTASARI (2012) ANALISIS RASIO MARJIN KONTRIBUSI DENGAN PENDEKATAN BIAYA TUNAI SEBAGAI ALAT DALAM PENETAPAN HARGA PRODUK DAN BREAK EVEN POINT PRODUK. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JATIM.

[img]
Preview
PDF
Download (525Kb) | Preview
    [img] PDF
    Restricted to Repository staff only

    Download (745Kb)

      Abstract

      Kondisi persaingan bisnis yang semakin kompetitif menjadikan perusahaan semakin sulit untuk memperoleh keuntungan yang tinggi. Hal ini menjadikan strategi penentuan harga merupakan faktor yang krusial bagi perusahaan. Kesalahan didalam menetapkan harga produk akan menjadikan produk tersebut tidak diminati oleh konsumen. Dalam kaitan tersebut, sektor UMKM juga tidak lepas dari pentingnya strategi penetapan harga. Makin menjamurnya sentra-sentra industri UMKM membuat persaingan disektor UMKM juga makin tinggi. Hal ini menjadikan perang harga merupakan pilihan yang banyak digunakan karena keterbatasan sumber daya yang mereka pilih. Adapun tujuan dari penelitian yang laksanakan ini adalah sebagai berikut: ingin mengetahui macam dan perilaku biaya yang terdapat pada perusahaan, ingin mengetahui dan menghitung berapa besarnya biaya variabel yang dikeluarkan atau dibutuhkan oleh tiap jenis produk, Menghitung dan menunjukkan harga jenis produk, dan mendeskripsikan pengaruh rasio marjin kontribusi terhadap titik pulang pokok / break even point produk dan penentuan komposisi produk. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis yang dapat penulis kemukakan disini adalah sebagai berikut: home Industri di Wedoro Waru, Sidoarjo selama ini tidak melakukan pemisahan atas biaya-biaya yang ada kedalam elemen biaya variabel maupun biaya tetap, rasio marjin kontribusi dari produk yang ada adalah cukup tinggi yaitu sebesar 22,7%, perusahaan akan mencapai titik pulang pokok(break even point- BEP) apabila mampumenjuala produk sebanyak 3 kodi per bulan.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business Finance. Corporation finance
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 08 Aug 2012 14:34
      Last Modified: 08 Aug 2012 14:34
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3505

      Actions (login required)

      View Item