PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SALON RIA DI SURABAYA

Achmad , Faizal (2012) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SALON RIA DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "VETERAN" JATIM.

[img]
Preview
PDF
Download (338Kb) | Preview
    [img] PDF
    Restricted to Repository staff only

    Download (869Kb)

      Abstract

      Salon Ria merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa dengan usaha berupa perawatan kecantikan dan tata rian. Fenomena yang terjadi pada saat ini adalah semakin meningkatnya jumlah komplain konsumen, dimana selama tahun 2011 telah terjadi kecenderungan kenaikan jumlah komplain konsumen pengguna jasa Salon Ria di Surabaya. Hal ini menunjukkan semakin banyaknya konsumen yang kurang puas untuk perawatan di Salon Ria Surabaya. Terjadinya kecenderungan kenaikan pada jumlah komplain konsumen merupakan fenomena yang harus segera diselesaikan dan dicari penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Salon Ria di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan jasa Salon Ria di Surabaya. Sampel ini menggunakan non probability sampling tepatnya accidental sampling dan didasari oleh SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 parameter yang diestimasi. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer. Skala pengukuran untuk indikator-indikator dari setiap variabel yang digunakan adalah skala interval yaitu skala jenjang semantic (semantic differensial scale) dengan skal interval 1 sampai 7. Pada penelitian ini terdapat 15 indikator, sehingga jumlah sampel yang ditetapkan adalah 105 responden melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan Salon Ria di Surabaya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada Salon Ria di Surabaya.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5415.32 Consumer Behavior > HF5415.335 Consumer Satisfaction
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 09 Aug 2012 11:52
      Last Modified: 09 Aug 2012 11:52
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3517

      Actions (login required)

      View Item