PENGARUH IKLAN, SIKAP DAN KEYAKINAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK SABUN PEMBERSIH WAJAH BIORE DI SURABAYA

Dian , Fitri Fauji (2010) PENGARUH IKLAN, SIKAP DAN KEYAKINAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PRODUK SABUN PEMBERSIH WAJAH BIORE DI SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (115Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (368Kb)

      Abstract

      Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, bentuk periklanan meramaikan semua jenis media, hal tersebut menandakan Indonesia telah memasuki masa persaingan. Hal ini ditunjukkan dengan data Top Brand Index memperlihatkan brand keluaran PT Kao Indonesia, Biore mendapat TBI sebesar 33,3% atau beda tipis dengan Pond’s diurutan pertama dengan perolehan indeks sebesar 34,7%. Persaingan antara Pond’s dan Biore sejak tahun 2007 hingga 2009 terlihat jelas, perolehan indeks yang didapat keduanya bersaing ketat. Pada 2007, Pond’s tertinggal 9,8% dari Biore. Tetapi, tahun 2008 dan 2009. Pond’s mengejar laju Biore hingga berhasil sampai di puncak Top Brand. Berdasarkan fenomena tersebut penurunan TBI mengindikasikan kurangnya kesetiaan merek dari konsumen terhadap produk tersebut. Sebuah iklan yang ditampilkan mampu menciptakan keyakinan positif terhadap merek. Konsumen akan lebih mungkin untuk mempunyai sikap positif dan membeli produk itu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa iklan, sikap dan keyakinan konsumen terhadap minat beli produk sabun pembersih wajah Biore. Skala pengukuran untuk indikator-indikator dari setiap variabel yang digunakan adalah skala Likert dengan skala interval 1 sampai 5. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5-10 kali parameter yang diestimasi. Pada penelitian ini terdapat 12 indikator, sehingga jumlah sampel yang ditetapkan adalah sebesar 110 responden melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen yang pernah melihat tayangan iklan di televisi. Dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik accidental sampling (pengambilan sampel secara kebetulan), yaitu sampel yang dipilih berdasarkan responden yang secara kebetulan ditemui oleh peneliti. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Iklan berpengaruh positif terhadap Sikap Konsumen tidak dapat diterima.Iklan berpengaruh positif terhadap Keyakinan Konsumen dapat diterima.Sikap Konsumen berpengaruh positif terhadap Minat Beli tidak dapat diterima.Keyakinan Konsumen berpengaruh positif terhadap Minat Beli dapat diterima.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:07
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/353

      Actions (login required)

      View Item