FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Windarti, Windarti (2010) FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (79Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (708Kb)

      Abstract

      Ada 3 (tiga) konsep mengenai luas pengungkapan laporan keuangan yaitu adequate, fair, full disclosure. Konsep yang paling sering digunakan adalah adequate disclosure (pengungkapan cukup), yaitu pengungkapan minim yang diisyaratkan oleh peraturan yang berlaku dimana pada tingkat ini investor dapat mengiterprestasikan angka – angka dalam laporan keuangan. Konsep fair disclosure (pengungkapan wajar) mengandung sasaran etis dengan menyediakan informasi yang layak terhadap investor potensial. Sedangkan full disclosure (pengungkapan penuh) memiliki kesan penyajian laporan keuangan yang berlebihan sehingga banyak pihak berpendapat bahwa full disclosure merupakan konsep yang dapat merugikan perusahaan. Leverage adalah rasio yang menggambarkan hubungan antara hutang perusahaan terhadap modal maupun asset. Likuiditas adalah menunjukkan kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya yang harus segera dipenuhi, atau kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan pada saat ditagih. Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah leverage, likuiditas, profitabilitas dan porsi saham publik berpengaruh terhadap kelengkapan laporan keuangan pada perusahaan perbankan di bursa efek indonesia Sampel penelitian ini adalah 11 perusahaa Perbankan yang terdaftar pada BEI pada tahun 2004-2008. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah Analisis Regresi Linier Berganda untuk mengetahui pengaruhnya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa leverage, likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kelengkapan laporan keuangan pada perusahaan Perbankan yang go publik di PT. Bursa Efek Indonesia sedangkan profitabilitas dan porsi saham publik berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kelengkapan laporan keuangan pada perusahaan Perbankan yang go publik di PT. Bursa Efek Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 28 Feb 2011 11:18
      Last Modified: 28 Feb 2011 11:19
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/354

      Actions (login required)

      View Item