PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA ASURANSI JASARAHARJA PUTERA SURABAYA

Herry , Nurzamany (2010) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA ASURANSI JASARAHARJA PUTERA SURABAYA. Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (47Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (291Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilakukan pada PT. Asuransi Jasaraharja. Fenomena yang terjadi pada saat ini di PT. Asuransi Jasaraharja Putera Surabaya tidak terlepas dari permasalahan yang berhubungan dengan kepuasaan nasabah. Telah terjadi penurunan Jumlah Pemegang Polis di PT. Asuransi Jasaraharja Putera Surabaya dari tahun 2007 – 2008, dari 2757 orang pada tahun 2007 menjadi 2036 orang pada tahun 2008, ditambah dengan selama periode Januari -Desember 2008 telah terjadi kenaikan jumlah komplain nasabah yang menggunakan PT. Asuransi Jasaraharja Putera Surabaya, Kenaikan jumlah komplain nasabah tersebut mengindikasikan semakin banyaknya nasabah yang tidak puas dengan produk asuransi jasaraharja putera dalam setiap bulannya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada Asuransi Jasaraharja Putera Surabaya Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling tepatnya purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, mengenai kriterianya adalah sebagai berikut: responden berusia minimal 17 tahun dan responden terdaftar sebagai pemegang polis asuransi jasaraharja putera di Surabaya. Pengambilan sampel didasari oleh asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 – 10 kali parameter yang diestimasi (Augusty, 2002: 98), Pada penelitian ini ada 20 indikator, sehingga jumlah sampel yang diestimasi yaitu antara 100 - 200. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah sebesar 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM diagram yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah yang akan diuji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah pada Asuransi Jasaraharja Putera Surabaya

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 02 Mar 2011 11:07
      Last Modified: 02 Mar 2011 11:07
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/356

      Actions (login required)

      View Item