PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR

Septiana, Ayu Dewita Sari (2012) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1371Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1372Kb)

      Abstract

      Salah satu faktor yang dapat mendukung keberhasilan pendidikan tinggi akuntansi adalah sikap dan mental mahasiswa dalam mengembangkan kepribadiannya yang dikenal dengan istilah Emotional Quatient atau kecerdasan emosional. Dari hasil survei terhadap 25 mahasiswa akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur angkatan 2008, diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa sudah cukup memperoleh pemahaman akuntansi terhadap materi pengetahuan akuntansi sebagai hasil kegiatan belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh dari motivasi, ketrampilan sosial dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur, serta mengetahui mana di antara motivasi, ketrampilan sosial dan minat belajar yang berpengaruh dominan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Responden penelitian adalah mahasiswa akuntansi pada Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur angkatan 2008 dan telah menempuh mata kuliah pengantar akuntansi, akuntansi keuangan menengah, akuntansi keuangan lanjutan, auditing dan teori akuntansi, dengan jumlah responden sebanyak 55 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan motivasi dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur, sedangkan ketrampilan sosial tidak pengaruh signifikan. Disimpulkan pula bahwa variabel kecerdasan emosional yang berpengaruh dominan terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur adalah minat belajar. Key Word : motivasi, ketrampilan sosial, minat belajar, pemahaman akuntansi

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: UNSPECIFIED
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 31 Aug 2012 13:58
      Last Modified: 31 Aug 2012 13:58
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3565

      Actions (login required)

      View Item