Pengaruh ROA, ROE dan EPS Terhadap Harga Pasar Saham Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Deasy , Rachmasari Hasanah (2010) Pengaruh ROA, ROE dan EPS Terhadap Harga Pasar Saham Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Undergraduate thesis, UPN "Veteran" Jatim.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (92Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (246Kb)

      Abstract

      Salah satu sumber dana perusahaan berasal dari modal saham yang ditanamkan oleh para investor, maka secara otomatis modal saham merupakan bagian dari laporan manajemen perusahaan kepada para pemegang saham atau investor. Dalam perekonomian modern laporan keuangan sudah merupakan media penting dalam proses pengambilan keputusan ekonomis. Laporan keuangan ini sudah menjadi kebutuhan para pengusaha, investor, bank, manajemen, pemerintah maupun pelaku pasar modal, dalam berinvestasi seorang investor memerlukan informasi tentang perusahaanw mana yang dapat memberikan keuntungan dikemudian hari. Analisis investasi saham merupakan hal yang mendasar untuk diketahui para pemodal, mengingat tanpa analisis yang baik dan rasional para pemodal akan mengalami kerugian. Keputusan membeli saham terjadi bila nilai perkiraan suatu saham diatas harga pasar. Sebaliknya keputusan menjual saham terjadi bila nilai perkiraan suatu saham dibawah harga pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ROA (Return On Assets), ROE (Return On Equity), EPS (Earning Per Share) berpengaruh positif terhadap harga saham Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Variabel penelitian adalah ROA (Return On Assets) (X1), ROE (Return On Equity) (X2), EPS (Earning Per Share) (X3) dan Harga Saham (Y). Populasi penelitian adalah laporan keuangan Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia tahun 2003 – 2007. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa ROA (Return On Assets) tidak berpengaruh terhadap harga saham Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia, ROE (Return On Equity) tidak berpengaruh terhadap harga saham Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia dan EPS (Earning Per Share) berpengaruh terhadap harga saham Perusahaan Food And Beverages Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      Divisions: Faculty of Economics > Management
      Depositing User: Kontho Hadi
      Date Deposited: 28 Feb 2011 11:46
      Last Modified: 28 Feb 2011 11:47
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/357

      Actions (login required)

      View Item