FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. PAL INDONESIA (Persero) DI SURABAYA

Virli , Amherstia Rahma (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. PAL INDONESIA (Persero) DI SURABAYA. Undergraduate thesis, Faculty of Economics.

[img]
Preview
PDF (cover - bab 1) - Published Version
Download (1022Kb) | Preview
    [img] PDF (bab 2 - daftar pustaka) - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (1022Kb)

      Abstract

      Penggunaan sistem informasi diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dalam dunia bisnis. Kesuksesan kinerja sistem informasi sangat tergantung pada kesesuaian harapan antara sistem analisis, pemakai (user), sponsor dan customer. Kinerja sistem informasi memerlukan suatu perencanaan dan implementasi yang hati-hati, untuk menghindari adanya penolakan terhadap sistem yang dikembangkan. Karena perubahan dari sistem manual ke sistem komputerisasi tidak hanya menyangkut perubahan perilaku dan organisasional (Bodnar dan Hopwod, 1993) dalam Aplonia Lau, Elfreda, 2004:24. Adanya sistem informasi akuntansi diharapkan informasi yang dihasilkan lebih berkualitas sesuai dengan kebutuhan dari para pemakai informasi, serta mampu meningkatkan kinerja sistem informasi akuntansi, dimana kinerja sistem informasi akuntansi dapat diukur dengan kepuasan pemakai atas pemakaian sistem pemakaian sistem akuntansi (Roesmiaty Toding, 2009). Kinerja sistem informasi dapat dikatakan baik jika informasi yang diterima memenuhi pemakai informasi dan mampu memberikan kepuasan bagi pemakainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh dari Partisipasi Pemakai, Dukungan Manajemen Puncak, dan Kemampuan Teknik Personal terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada PT. PAL Indonesia (Persero) di Surabaya. PT. PAL Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan kapal baru, pemeliharaan dan perbaikan kapal, serta general engineering. Fenomena yang terjadi belakangan ini adalah hasil kinerja yang kurang memuaskan karena informasi yang diterima belum memenuhi harapan pemakai informasi dan belum mampu memberikan kepuasan bagi pemakainya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 25 karyawan (pelaksana atau karyawan yang menggunakan sistem informasi akuntansi pada PT. PAL Indonesia (Persero) di Surabaya). Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari jawaban kuesioner yang disebar pada 25 responden. Dan kuesioner tersebut terdiri dari 26 pertanyaan yang dibagi menjadi 4 bagian. Teknik pengujian data yang digunakan adalah regresi liner berganda. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menyimpulkan bahwa dukungan manajemen puncak berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja sistem informasi, akuntansi (dukungan manajemen puncak menghasilkan nilai signifikan uji t sebesar 0,019 < 0,05), sedangkan partisipasi pemakai dan kemampuan teknik personal tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja sistem informasi. Keyword : Partisipasi Pemakai, Dukungan Manajemen Puncak, Kemampuan Teknik Personal dan Kinerja Sistem Informasi Akuntansi

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business. Business Administration > HF5601 Accounting
      Divisions: Faculty of Economics > Accounting
      Depositing User: Fitri Yulianto
      Date Deposited: 30 Aug 2012 11:20
      Last Modified: 30 Aug 2012 11:20
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3575

      Actions (login required)

      View Item