IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PT. UNILEVER Tbk. SURABAYA (Studi Kasus Analisis Deskriptif Komunikasi Organisasi PT. Unilever Tbk. Surabaya)

STANLEY AGUSTINUS , SUDIONO (2012) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PT. UNILEVER Tbk. SURABAYA (Studi Kasus Analisis Deskriptif Komunikasi Organisasi PT. Unilever Tbk. Surabaya). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Politics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (271Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (217Kb)

      Abstract

      Iklim komunikasi organisasi dibentuk melalui interaksi antara anggota organisasi, interaksi-interaksi dan proses-proses yang membentuk, menciptakan kembali, mengubah dan memelihara iklim adalah hal yang seharusnya menjadi pusat perhatian. Iklim bukanlah sifat seseorang individu, tetapi sifat yang dibentuk, dimiliki bersama dan dipelihara oleh para anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklim komunikasi organisasi di PT. Unilever Indonesia Tbk. Surabaya yang didasarkan atas permasalahan yang terjadi di PT. Unilever Indonesia Tbk. Surabaya, yaitu kesenjangan antara atasan dengan bawahan pada saat jam kerja terlihat karyawan yang sedang mengobrol maupun merokok. Masalah selanjutnya yaitu dijalankannya mesin setiap hari tanpa istirahat. Dalam penelitian mengenai iklim komunikasi organisasi PT. Unilever Indonesia Tbk. Surabaya, peneliti menggunakan indikator-indikator dari teori Wayne Pace dan Peterson yaitu kepercayaan, pembuatan keputusan partisipatif, kejujuran keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, mendengarkan dalam komunikasi ke atas serta perhatian pada tujuan yang berkinerja tinggi. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penarikan sampelnya menggunakan Accidental Sampling dan membagi ukuran populasi yang sebesar 652 menjadi 87 orang dari PT. Unilever Indonesia Tbk. Surabaya dengan menggunakan rumus Yamane. Analisis data dilakukan dengan menggunakan data yang telah diklasifikasikan dan dihitung untuk ditampilkan dalam bentuk prosentase. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa iklim komunikasi organisasi yang berada di PT. Unilever Tbk. Surabaya secara keseluruhan dikatakan kurang baik, namun pada indikator kepercayaan dan tujuan berkinerja tinggi, nilai yang dihasilkan baik.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.3 Communication in organizations
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 14 Aug 2012 14:56
      Last Modified: 14 Aug 2012 14:56
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3610

      Actions (login required)

      View Item