Hubungan Terpaan Reality Show ”Bosan Jadi Pegawai” di Trans TV dengan Minat Masyarakat di Surabaya untuk Berwirausaha

Sukhriyatun , Ni’mah (2012) Hubungan Terpaan Reality Show ”Bosan Jadi Pegawai” di Trans TV dengan Minat Masyarakat di Surabaya untuk Berwirausaha. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Politics.

[img]
Preview
PDF (Cover - Bab I)
Download (78Kb) | Preview
    [img] PDF (Bab II - Daftar Pustaka)
    Restricted to Repository staff only

    Download (521Kb)

      Abstract

      Televisi sebagai salah satu media massa memiliki unsur audio visual yang pesannya berupa gambar dan suara. Setiap stasiun televisi memiliki berbagai acara yang menarik dan bermanfaat, salah satunya adalah tayangan reality show “Bosan Jadi Pegawai” di Trans TV. Program reality show Bosan Jadi Pegawai ini mengandung muatan pengetahuan, solusi, memotivasi orang, dan lebih mengetahui tentang dunia kewirausahaan, acara ini ini menampilkan refrensi bidang usaha yang lebih memberi tantangan dan peluang yang cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan terpaan reality show Bosan Jadi Pegawai di Trans TV dengan minat masyarakat di Surabaya untuk berwirausaha. Penelitian ini menggunakan teori Stimulus Organism Respons (S-O-R), dimana teori ini mendasarkan asumsi bahwa penyebab terjadinya perubahan perilaku tergantung kepada kualitas rangsang (stimulus) yang berkomunikasi dengan organisme. Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang berusia 20 tahun keatas yang berjumlah 1.891.596 dan sample sebesar 100 orang yang menonton tayangan reality show Bosan Jadi Pegawai. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang dialokasikan di tiap-tiap wilayah yang telah ditentukan secara Multistage Cluster Random Sampling. Pada metode analisis data digunakan koefisien korelasi Rank Spearman dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan tayangan reality show Bosan Jadi Pegawai di Trans TV (X) memiliki hubungan yang rendah dengan minat masyarakat di Surabaya untuk berwirausaha. Sebagian besar responden dalam penelitian ini berada dalam katagori rendah untuk terpaan tayangan reality show Bosan Jadi Pegawai di Trans TV, sedangkan minat berwirausaha masyarakat di Surabaya menunjukkan pada katagori minat yg tinggi untuk berwirausaha.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass Media
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 2 not found.
      Date Deposited: 14 Aug 2012 15:00
      Last Modified: 14 Aug 2012 15:01
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/3611

      Actions (login required)

      View Item