Peberdayaan Usaha Kecil Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Studi pada Program Kemitraan Perum Perumnas Reg. VI.

AHMAD , TOBARI (2010) Peberdayaan Usaha Kecil Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Studi pada Program Kemitraan Perum Perumnas Reg. VI. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1135Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (249Kb)

      Abstract

      Penelitian ini didasarkan pada keberhasilan PKBL Perum Perumnas Reg. VI dalam memberdayakan 21 UKM dari 33 UKM yang menjadi Mitra Binaan Perum Perumnas Reg. VI di Surabaya pada tahun 2008. Indikator keberhasilan Program Kemitraan Perum PErumnas Reg. VI didasarkan pada pembayaran angsuran dari pinjaman modal yang diberikan kepada Mitra Binaan. Pembayaran angsuran pinjaman modal terbagi atas 3 kategori yaitu kredit lancar, kurang lancar dan macet. Dari 33 UKM yang menjadi Mitra Binaan Perum Perumnas Reg. VI 21 diantaranya termasuk dalam kredit lancar, dari data tersebut dapat diketahui bahwa 21 Mitra Binaan berhasil meningkatkan kegiatan usahanya menjadi tangguh dan mandiri. Pemberdayaan yang dilakukan oleh PKBL Perum Perumnas Reg. VI dilaksanakan dengan memberikan pinjaman modal usaha dan pembinaan berupa diklat pengenalan internet kepada UKM yang menjadi Mitra Binaan PKBL Perum Perumnas Reg. VI. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu meliputi Staff PKBL dan Mitra Binaan PKBL Perum Perumnas Reg. VI. Sedangkan data sekunder berasal dari hasil dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pemeriksaan didasarkan atas criteria: derajat kepercayaan, keteralihan, standar ketergantungan, kepastian. Fokus penelitiannya adalah Pemberdayaan Usaha Kecil melalui pemberian pinjaman modal usaha dan pembinaan melalui diklat pengenalan internet oleh PKBL Perum Perumnas Reg. VI. Dari data yang dianalisis maka dapat disimpulkan pemberian pinjaman modal usaha telah dilaksanakan sesuai prosedur yang baik dan dapat membantu Mitra Binaan untuk meningkatkan kegiatan usahanya sedangkan dalam pembinaan berupa diklat pengenalan internet tidak dapat menjadi fasilitas penunjang bagi semua Mitra Binaan, Mitra binaan yang bergerak di bidang pertokoan dan warung makanan tidak dapat mempergunakan fasilitas internet untuk meningkatkan usahaya sehingga pemberdayaan yang dilakukan PKBL Perum Perumnas Reg. VI belum sepenuhnya berhasil.

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > State Administration
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 14:05
      Last Modified: 28 Feb 2011 14:05
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/370

      Actions (login required)

      View Item