”PEMAKNAAN KARIKATUR DALAM RUBRIK OPINI PADA HARIAN KOMPAS”(Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Karikatur Dalam Rubrik Opini Pada Harian Kompas Edisi 4 November 2009)”

TRI ,, BAGUS WIDIYANTO (2010) ”PEMAKNAAN KARIKATUR DALAM RUBRIK OPINI PADA HARIAN KOMPAS”(Studi Semiotik Tentang Pemaknaan Karikatur Dalam Rubrik Opini Pada Harian Kompas Edisi 4 November 2009)”. Undergraduate thesis, UPN 'Veteran" JATIM.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (278Kb) | Preview
    [img] PDF - Published Version
    Restricted to Repository staff only

    Download (148Kb)

      Abstract

      Penelitian ini mengutamakan situasi dan kondisi yang bertema realitas dalam karikatur “Rubrik Opini Pada Harian Kompas Edisi 4 November 2009” sebagai suatu yang berarti dalam proses pembentukan pesan. peristiwa tersebut dipaparkan dalam pembentukan tanda-tanda (gambar, kata-kata, dan lainya) dalam format sebuah karikatur. landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah surat kabar sebagai media massa, karikatur, semiotika, pedang, timbangan, cicak, jejak kaki, bunga dukacita, pita hitam, hukum, semiotic Charles Sanders Pierce. teknis analisis data dalam penelitian ini analisis semiotika pada corpus penelitian pada karikatur “Rubrik Opini Pada Harian Kompas Edisi 4 November 2009” setelah melalui tahapan pengkodean maka selanjutnya peneliti akan menginterpretasikan tanda-tanda tersebut untuk diketahui pemaknaanya. kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis dan interpretasi dari gambar karikatur “Rubrik Opini Pada Harian Kompas Edisi 4 November 2009” pada harian Kompas Edisi 4 November 2009 diperoleh kesimpulan bahwa perlawanan pada korupsi misalnya dan kondisi dari keadaan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang saat ini banyak mengundang simpati masyarakat mengingat keadaanya yang semakin memprihatinkan terkait penahanan dua pimpinan non aktifnya yang seolah-olah dicari-cari kesalahanya dengan dugaan masyarakat adanya upaya-upaya secara sistematis untuk mengebiri kekuatan KPK yang selama ini terbukti banyak mengungkapkan kasus-kasus korupsi besar yang melibatkan penguasa di pusat dan di daerah. kata kunci: Karikatur, semiotic, Kompas,

      Item Type: Thesis (Undergraduate)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Faculty of Social Sciences and Political Sciences > Communication Studies
      Depositing User: Users 8 not found.
      Date Deposited: 28 Feb 2011 15:17
      Last Modified: 28 Feb 2011 15:18
      URI: http://eprints.upnjatim.ac.id/id/eprint/374

      Actions (login required)

      View Item